MANAJEMEN PEMASARAN
ANALISIS PERUSAHAAN BERLIAN DE BEERS CONSOLIDATED
MINES, LTD
Makalah
ini disusun guna memenuhi tugas kelompok
Mata
kuliah Manajemen Pemasaran
Dosen Pengampu:
Hutomo Rusdianto, SE, MBA, AWM, QMW
dan Mochamad Edris, Drs, MM
Disusun Oleh Semester V.C :
Kelompok 7
1.
Qoimatul Zuhriyah [
2012 – 11 – 261 ]
2.
Abid Fairuz Falih [
2012 – 11 – 262 ]
3.
Tunggul Bayu Aditama [
2012 – 11 – 275 ]
4.
Fahrul Rosyid [
2012 – 11 – 269 ]
5.
Devi Aramita [
2012 – 11 – 276 ]
6.
Eka Neta Putri [ 2012 – 11 – 277 ]
7.
Erli Supriyani [ 2012 – 11 – 280 ]
PROGDI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS MURIA KUDUS
2014
BAB I
PROFIL PERUSAHAAN
Berlian merupakan salah satu perhiasan paling mewah dan
mahal. Seseorang yang memakainya terutama wanita akan lebih cantik, elegan dan
menawan jika memakainya. Sebuah perusahaan terkenal menjadi produsen terkemuka
di dunia yang membuat perhiasan cantik ini. De Beers adalah perusahaan keluarga
yang mendominasi berlian, berlian pertambangan, berlian hop, berlian
perdagangan dan industri berlian sektor manufaktur. Perusahaan ini aktif dalam
setiap kategori industri pertambangan berlian yang berlangsung di Botswana,
Namibia, Afrika Selatan dan Kanada. Didirikan oleh Cecil Rhodes tahun 1888,
perusahaan ini didanai oleh Alfred Beit dan Rothschild. Tidak hanya sebagai
produsen berlian, perusahaan ini juga mengembangkan bisnis dalam bentuk toko
berlian dimana juga berlaku sebagai distributor yang menjual berlian yang
dihasilkan dari pertambangan kepada konsumen. Pada tahun 2001, De Beers bekerja
sama dengan Louis Vuitton Moet Hennessy dengan membuka toko berlian. Toko
pertama dibuka di London’s Old Bond Street pada tahun 2002 dengan nama De Beers
Jewellery. Sejak saat itu, perusahaan berlian ini membuka toko di seluruh dunia
termasuk Singapura.
Berlokasi di Marina Bay Sands, De Beers Jewellery Singapore
merupakan toko berlian pertama yang dibuka di Asia Tenggara. Disini terdapat
banyak berlian dengan berbagai macam bentuk mulai dari bulat hingga kotak.
Berlian-berlian tersebut juga didesain cantik, menawan, mewah dan elegan dalam
berbagai macam barang antara lain kalung, cincin, gelang dan perhiasan lainnya.
Merek yang telah berdiri kurang lebih 120 tahun ini memiliki slogan “A Diamond
is Forever”. Toko berlian yang satu ini beroperasi mulai senin hingga minggu
pukul 10.00 sampai dengan 22.30. Dengan luas 148 meter persegi, toko berlian
ini memiliki interior kontemporer dengan lampu hangat dan lantai kayu gelap.
De
Beers Jewellery merupakan toko berlian terkenal dan terkemuka di dunia. Jika membaca
setiap majalah selebriti, anda akan melihat filosofi dari merek yang didukung,
dan berlian dikenakan oleh banyak selebriti seperti Eva Herzigova, Claire
Forlani dan Anna Friel. Toko ini menjual berbagai berlian untuk berbagai
kebutuhan anda mulai dari cincin berlian untuk pertunangan, cincin pernikahan
dan perhiasan elegan lainnya. Tidak hanya itu, di toko ini juga terdapat De
Beers Beauty Scan sebuah alat pendeteksi berlian. Dengan bantuan alat tersebut,
pengunjung dapat mengevaluasi kualitas berlian. De Beers Jewellery dapat memastikan berlian yang ditawarkan asli.Ini dapat dibuktikan dengan
katalog yang ditawarkan 0,2 karat dan bertuliskan De Beers. Produk berlian De
Beers dikemas dalam box cantik untuk menjaga kualitas berlian itu sendiri.
BAB II
POKOK PERMASALAHAN
Perusahaan
berlian De
Beer Consolidated Mines LTD. mengalami kehancuran pasar berlian pada tahun 1929, permintaan berlian
mentah dunia mengalami penurunan yang signifikan, penjualan berlian yang naik
turun kemudian perusahaan melakukan tindakan memangkas produksi dan membeli
berlian untuk ditahan sebagai cadangan di gudangnya. Hal tersebut diakibatkan
oleh jatuhnya bursa saham saat
itu.
Kotak berlian yang
terjual lebih dari harga yang ditawarkan oleh de beer menyebabkan Banyak dealer
batu permata yang yang masih menahan stoknya sesudah adanya peningkatan harga
berlian de beer yang terbaru dengan tujuan menambah kelangkaan supaya harga
berlian meningkat.
Anglo American akan mengambil alih
perusahaan berlian De Beers setelah keluarga Oppenheimer menjual 40% saham
mereka di perusahaan tersebut senilai US$5,1 miliar. Kesepakatan
ini membuat saham Anglo di perusahaan distributor berlian terbesar di dunia itu
menjadi 85%, sisanya dimiliki pemerintah Botswana.
BAB III
ANALISIS MARKETING
A.
Strategi Marketing
Pemasaran
merupakan salah satu kegiatan utama yang dilakukan dalam melakukan usaha guna
mempertahankan kelangsungan hidupnya, untuk berkembang dan mendapatkan laba,
Pasar secara umum, dapat dikatakan sebagai tempat bertemunya antara penjual dan
pembeli.
Manajemen pemasaran
merupakan salah satu kunci utama dalam suatu perusahaan untuk dapat bersaing
dengan perusahaan lain.
1. Strategi Produk
Strategi produk dalam hal ini adalah menetapkan cara dan
penyediaan produk yang tepat bagi pasar yang dituju, sehingga dapat memusakan
pasar konsumennya dan sekaligus dapat meningkatkan keuntungan perusahaan dalam
jangka panjang melalui peningkatan penjualan dan peningkatan share pasar.
Strategi produk yang dapat dilakukan mencakup keputusan tentang bauran produk(product mix), merek dagang (brand), cara pembungkusan/kemasan produk
(product packaging), tingkat
mutu/kualitas dari produk, dan pelayanan (services)
yang diberikan.
The De Beers berlian perhiasan berlian keabadian
elemen desain modern dan berbagai perpaduan sempurna dari perhiasan berlian
klasik membawa jiwa dan pesona. Setelah De Beers ahli tangan-memilih, memiliki
api yang sangat baik, vitalitas dan cahaya kinerja berlian De Beers, berlian
perhiasan Zhen salah satu produk dari premis. Sebagai
master cahaya dan bayangan, De Beers berlian perhiasan mosaik adalah sudut yang
sempurna untuk menahan berlian, sehingga memaksimalkan kecemerlangan berlian
untuk ditampilkan. Setiap desain akan terintegrasi perhiasan dan pemakainya,
sehingga pemilik De Beers berlian perhiasan berlian dapat membawa perasaan
kekuatan dan cahaya. De
Beers perhiasan berlian tulus memuji keindahan alam, melalui ekspresi setiap
desain perhiasan seri keindahan dan vitalitas alam. Terinspirasi oleh alam
abadi, melalui keterampilan yang sempurna atas yang akan disajikan, akhirnya
akan berlian keanggunan dan katarsis desain modern bersama-sama.
De
Beers memberikan pelayanan yang berupa De Beers Beauty Scan sebuah alat
pendeksi berlian. Dengan bantuan alat tersebut yang tersedia di setiap toko De
Beers Jewellery pengunjung dapat mengevaluasi kualitas berlian. De Beers Jewellery dapat memastikan berlian
yang ditawarkan asli.Ini
dapat dibuktikan dengan katalog yang ditawarkan 0,2 karat dan bertuliskan De
Beers. Produk berlian De Beers dikemas dalam box cantik untuk menjaga kualitas
berlian itu sendiri.
2. Strategi Harga
Dalam keadaan persaingan yang semakin tajam dewasa
ini, yang terutama sangat terasa dalam pasar pembeli (buyers market), peranan harga sangat penting terutama untuk menjaga
dan meningkatkan posisi perusahaan di pasar, yang tercermin dalam share pasar
perusahaan, di samping untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan
perusahaan.Faktor-faktor yang perlu di pertimbangkan dalam penetapan harga
tersebut antara lain biaya,keuntungan,praktik saingan ,dan perubahan keinginan
pasar.
Harga berlian De Beers sering mengalami naik turun
secara drastis, pada tahun 1980 berlian bulat D-Flawless satu karat harganya
$62.000, di tahun 1986 berlian satu karat ini turun menjadi $13.000 dan membuat
industriberlian kacau. Dibeberapa tempat perhiasan berlian De Beers juga sempat
menjadi lelang dengan harga selangit pada tahun 1987. Di Christie’S berlian
marquise biru sebesar tujuh karat terjual dengan harga $1.265.000 yang
menyebabkan pasar berlian menjadi sangat kuat.
3. Strategi Distribusi
Saluran distribusi diperlukan oleh setiap
perusahaan, karena produsen menghasilkan produk dengan memberikan kegunaan
bentuk bagi konsumen setelah sampai ke tangannya, sedangkan lembaga penyalur
membentuk atau memberikan kegunaan waktu, tempat, dan pemilikan dari produk
itu. Saluran distribusi dibutuhkan terutama karena adanya perbedaan yang
menimbulkan celah-celah atau kesenjangan di antara produksi dan konsumsi.
De Beers
sangat bangga dengan berlian perhiasan unik dan penampilan
yang sempurna dapat membuktikan mereka berlian pesona dipilih merek. De Beers
Iris detektor nyala adalah teknologi eksklusif, masing-masing De Beers toko
dilengkapi dengan instrumen ini. Setiap pelanggan dapat mengamati jalan melalui
tujuan ini, profesional mengagumi keindahan berlian. Api \detektor sekejap dapat memperlambat,
yang memungkinkan Anda untuk menikmati keindahan berlian. De
Beers adalah perusahaan keluarga yang mendominasi berlian, berlian
pertambangan, berlian hop, berlian perdagangan dan industri berlian sektor
manufaktur. Tidak hanya sebagai produsen berlian, perusahaan ini juga
mengembangkan bisnis dalam bentuk toko berlian dimana juga berlaku sebagai
distributor yang menjual berlian yang dihasilkan dari pertambangan kepada
konsumen.
4. Strategi
Promosi
Usaha perusahaan untuk mempengaruhi dengan merayu
calon pembeli, melalui pemakaian segala unsur acuan pemasaran disebut promosi.
Kegiatan promosi yang dilakukan suatu perusahaan merupakan penggunaan kombinasi
yang terdapat dari unsur-unsur atau peralatan promosi yang mencerminkan
pelaksanaan kebijakan promosi yang disebut bauran promosi (promotion mix) yaitu advertensi, personal selling, promosi
penjualan dan publisitas.
Warisan
lebih dari 120 tahun keahlian berlian, De Beers perhiasan berlian untuk berlian
berkualitas tinggi yang paling profesional memiliki hak untuk berbicara. De
Beers Group di tahun 1939 dan diperkenalkan kepada konsumen standar 4C, dan
pada tahun 1947 merek terkenal di seluruh dunia sebagai salah satu slogan iklan terbaik abad
ke-20 menurut majalah Advertising Age dari kecerdikan slogan iklan "berlian
adalah abadi." De Beers
perhiasan berlian untuk dapat melewati kekayaan berharga ini bangga dan sejarah
yang mulia.
De
Beers perhiasan berlian untuk menginspirasi inovasi profesional dan antusias
mereka sendiri, dan terus-menerus menciptakan desain klasik yang unik,
masing-masing perhiasan berlian sepenuhnya menunjukkan pesona abadi dari
berlian itu sendiri, sehingga telah menjadi terkenal berwibawa perhiasan
berlian. Millennium Dome di London (Millennium Dome) dipamerkan setelah Bintang
Milenium terkenal di dunia (Bintang Milenium) untuk menjadi pilihan pertama
kalinya dari De Beers berlian perhiasan berlian. Sementara ini dipotong
sempurna, tanpa cela D warna berlian menjadi berkelanjutan kami karena masing-masing criteria tangan-dipilih berlian.
B.
Promotional Mix
Pengertian promotional mix menurut Swastha
yang dikutip dari karangan Angipora (2002 : 338) yaitu : ”Promosi adalah
kombinasi strategi yang paling baik dari variabel-variabel periklanan, personal
selling, dan alat promosi lainnya yang kesemuanya mencapai program penjualan”.
Yang termasuk alat promosi itu sendiri adalah:
1.
Pemasangan
iklan, setiap
bentuk presentasi dan promosi non personal yang memerlukan biaya tentang
gagasan, barang, atau jasa oleh sponsor yang jelas. Bisa melalui iklan media
massa yang ada , atau iklan luar ruangan seperti pesamangan billboard, spanduk
dan poster.
Dengan media komputer meja yang dihubungkan dengan telepon
membuatnya lebih mudah untuk mengiklankan berlian yang tersedia dan dapat
menciptakan suasana tawar menawar yang sesungguhnya.
2.
Penjualan
personal,
presentasi personal oleh tenaga penjualan sebuah perusahaan dengan tujuan menghasilkan transaksi
penjualan dan membangun hubungan dengan pelanggan. Mencakup presentasi
penjualan, pameran dagang dan promosi insentif.
Presentasi
penjualan perusahaan berlian de beer dari tahun 1978-1980 mengalami peningkatan
yang cukup tinggi dari 6-20 dollar kemudian pada tahun 1981-1988 mengalami
penurunan drastis diangka sekitar 4-6 ribu dollar per 1 karat pada tahun
tersebut juga untuk berlian 3 karat dari tahun 1980-1981 mengalami penurunan
dari 24 sampai ke level 12 dollar, sampai pada tahun 1982 mengalami penurunan
yang sama dari tahun ketahun. Hingga
pada tahun 1986 kemudian harga berlian mengalami peningkatan kembali dari
12 dollar per 3 karat menjadi sekitar 16 karat sampai pada tahun 1988. Hal itu
juga terjadi pada berlian 5 karat yang pada tahun yang sama tahun 1982-1985
mengalami penurunan diangka 12 dollar dan pada tahun 1986 harga mulai merangkak
naik dari angka 12-24 dollar per 5 karat itu untuk berlian yang sudah dipoles.
Dan untuk berlian mentah pada tahun 1985-1987 mulai merangkak naik dari angka
5-18 dollar per karat kemudian mengalami penurunan di angka sekitar 10 dollar
di tahun 1988.
Perusahaan
berlian de beer banyak melakukan pameran dagang seperti melakukan pelelangan
berlian di tempat-tempat pelelangan, memdistribusikan berlian mentahnya kepada
150 dealer yang diundang dengan cara bila dealer dapat menjual kembali maka de
beer akan menaikkan harga berliannya.
3.
Promosi
penjualan,
insenstif-insentif jangka pendek untuk mendorong pembelian atau penjualan
sebuah produk/jasa. Meliputi pajangan-pajangan di sejumlah titik/lokasi penting
pemasaran, bingkisan, discount, kupon belanja, pemasangan iklan khusus.
Saat mereka datang kesalon elegan
dan rapi umtuk menimang-nimang berlian yang mempesona dari the Winston Vault dengan tertawa Saujet mengatakan, “Pertanyaan
pertama mereka adalah akan bernilai berapa harga berlin dalam waktu satu tahun,
atau dalam dua tahun?” kami menceritakan kepada mereka: kami tidak menjual
barang-barang perhiasan atau batu berharga sebagai investasi. Itu bukan bisnis
kami kami hanya memberikan fakta, dan faktanya adalah bila kita melihat arsip
perusahaan, maka kamu dapat mengikuti perkembangan harga sebuah batu berharga
dan melihat harga batu berharga akan mengalami peningkatan.
Apa yang sebenarnya ingin diketahui
oleh orang-orang kaya Wall Steet ini, tentu saja bukan bagaimana berlian
tersebut dihargai, melainkan apakah ada peluang bahwa harga berlian pada
umumnya akan meningkat? Dan jawaban adalah sangat jelas.
4.
Hubungan
masyarakat,
membangun hubungan baik dengan public internal/eksternal untuk membangun atau
bahkan meningkatkan image baik perusahaan. Ikut serta atau mengadakan
acara-acara tertentu yang sifatnya tidak murni profit orientes dengan instansi
lain. Misalkan dengan menggelar acara malam bakti sosial atau penggalangan
dana.
5.
Pemasaran
langsung, hubungan
langsung dengan pelanggan yang ditargetkan secara tepat dengan tujuan
mendapatkan tanggapan sesegera mungkin untuk menciptakan hubungan baik dengan
pelanggan yang langgeng. Meliputi telemarketing, catalog, pasang poster di
kios-kios, iklan via internet dll.
Yang
pasti, konsumen yang nyata-nyata berminat betul-betul menunjukkan minatnya.
Pada 20 oktober, ketika berita utama tentang kehancuran bursa saham, juru
lelang christi melelang berlian berbentuk seperti buah peer (dengan ukuran
sebesar telur) dibawah 65 karat untuk harga $6,58 juta suatu rekor dengan harga
$101,496 per karat. Rekor ini pecah di bulan April, ketika berlian segi empat
52,59 karat ditawarkan dengan harga $7,48 juta atau $142,000 per karat, harga
tertinggi per karat untuk berlian putih manapun yang dijual dipelelangan,
demikian menurut petugas lelang Chritie’s Francois Curies.
BAB IV
PESAING DAN PERSAINGAN
A. Pengertian
Pesaing
Analisis
pesaing merupakan suatu perbuatan menganalisa atau mengidentifikasi apa-apa
saja yang dilakukan oleh pihak pesaing atau perusahaan yang menghasilkan barang
atau jasa yang mirip dengan produk kita.
Adapun
hal-hal yang perlu dilakukan adalah:
a)
Identifikasi
pesaing
b)
Menentukan
sasaran pesaing
c)
Identifikasi
strategi pesaing
d)
Analisis
kekuatan dan kelemahan pesaing
e)
Identifikasi
reaksi pesaing
f)
Strategi
menghadapi pesaing.
Ruang dagang
klub dilantai 10 dipenuhi suara hikuk pikuk pada minggu lalu, dengan beberapa
pembeli yang sangat berminat untuk membeli meletakkan tanda tangan diatas meja
yang menunjukkan keinginan mereka dan memperoleh batu berlian tertentu.
Tetapi
sebagaimana yang terjadi, De Beers menyatakan prediksi Wall Streetnya yang
mengerikan, tetapi ironisnya, nasihatnya yang menyarankan kehati-hatian justru
malah memperhebat tekanan terhadap harga karena adanya pembatasan terhadap
persediaan berlian.
Antarpara
pedagang, satu cara pengujian terhadap besarnya permintaan berlian dengan “premium in the boxes”. De Beers yang
mendistribusikan berlian mentahnya dengan cara mengundang sekitar 150 dealer
utama ke kantornya. Ada 10 kali kesempatan sepanjang tahun ketika kotak berlian
mentah yang beragam ini di perlihatkan untuk dibeli.
B. Pengertian
Persaingan
Keadaan dimana
perusahaan pada pasar produk atau jasa tertentu akan memperlihatkan
keunggulannya masing-masing, dengan atau tanpa terikat peraturan tertentu dalam
rangka meraih pelanggannya (Kotler, 2002). Sedangkan menurut Porter, persaingan
akan terjadi pada beberapa kelompok pesaing yang tidak hanya pada produk atau
jasa sejenis, dapat pada produk atau jasa substitusi maupun persaingan pada
hulu dan hilir (Porter, 1996).
Konglomerat
De Beers adalah berlian terbesar perkilangan, perdagangan dan syarikat
pengedaran di dunia. Mereka kebetulan juga menjadi tertua juga. Syarikat ini
ditubuhkan oleh seorang Inggeris bernama Cecil Rhodes, yang memulakan syarikatnya
pada tahun 1888 dan mencipta sebuah monopoli pada harga berlian dan intan
dengan rundingan perjanjian dengan peniaga di London yang akan membeli jumlah
yang tetap berlian dengan harga Rhodes ‘. Namun, monopoli berlian patah pada
tahun 1902.
Pada tahun 1902,
tambang bersaing ditubuhkan dan pemilik suara tambang tersebut kepada keluarga
Oppenheimer dari pada Rhodes, yang
menghancurkan monopoli berlian DeBeers. Namun, DeBeers masih dipertahankan
dominasi dan pengaruh atas harga berlian dengan menggunakan taktik pemasaran
monopoli dan berjaya mempertahankan pangsa pasar 80% dari pasaran berlian.
Dengan demikian, mereka diperintahkan harga hanya dengan mengendalikan segala
sesuatu. Beberapa dari mereka taktik termasuk membanjiri pasar dengan item
identik dengan pesaing, sehingga menyebabkan mereka keluar dari perniagaan dan
dengan membeli dari pengilang lain untuk memastikan mereka bekalan terbesar,
antara amalan-amalan yang sangat tidak beretika lain yang pernah ditayangkan
DeBeers terkena sebagai serakah, syarikat kejam itu.
Pada tahun 2000,
DeBeers akhirnya berakhir taktik monopoli kerana pembekal berlian telah menjadi
muak dengan ketidakjujuran mereka dan akibatnya baik memutuskan untuk menjual
berlian mereka sendiri atau pasaran mereka melalui syarikat lain. pengilang
Diamond di Afrika pada khususnya melakukan ini dan pada dasarnya DeBeers
ditendang keluar dari negara mereka dalam rangka memperluaskan industri berlian
tempatan mereka sendiri. Selain itu, barang-barang mewah lain permintaan, yang
menempatkan berlian di kerusi belakang. Dengan demikian, DeBeers mengubah model
perniagaan dan sekarang hanya bekerja melalui tawaran dan permintaan bukan oleh
penimbunan dan eksploitasi.
Dengan perubahan
DeBeers dalam model perniagaan mereka, keuntungan mereka meningkat, walaupun
pasaran mereka sudah menurun. DeBeers masih mempunyai beberapa operasi tambang
di Afrika, namun ini tambang berlian adalah sangat terhad dan pada dasarnya
berada dalam hubungannya dengan kerajaan yang boleh berunding dan memaksa
mereka untuk melayan pekerja mereka dengan adil dan tidak mengeksploitasi
penambang berlian lagi. Apapun, kerana DeBeers adalah salah satu syarikat
berlian tertua di dunia, juga salah satu yang paling dihormati. Ini bermakna
bahawa harga berlian mereka sering adalah harga asas untuk berlian yang paling.
Namun, bahkan ini sedang terkikis oleh populariti dari senarai Rapaport, yang
memberikan nilai dari setiap berlian yang diberikan, sehingga masih harus
dilihat apakah DeBeers akan mempertahankan pengaruh mereka atas harga berlian
di masa mendatang.
BAB V
MERANCANG STRATEGI PEMASARAN
Definisi
Strategi Pemasaran
Menurut
Philip Kotler ( 2004, 81 ) :
“Strategi
Pemasaran adalah pola pikir pemasaran yang akan digunakan untuk mencapai tujuan
pemasarannya. Strategi pemasaran berisi strategi spesifik untuk pasar sasaran,
penetapan posisi, bauran pemasaran dan besarnya pengeluaran pemasaran”.
Menurut
tjiptono ( 2002, 6 ) :
“Strategi
pemasaran adalah alat fundamental yang direncanakan untuk mencapai
perusahaan dengan mengembangkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan
melalui pasar yang dimasuki dan program pemasaran yang digunakan untuk melayani
pasar sasaran tersebut.”
De beers merupakan
perusahan berlian ternama yang memiliki sararan pasar untuk kalangan atas
tetapi demi mengembangkan pemasaran seharusnya De Beers mulai membidik pasar
pada kalangan menengah untuk memperluas pangsa pasarnya. Filosofi dari berlian
yang mewah yang hanya dimiliki oleh kalangan ataspun tidak akan mungkin
dimiliki kalangan menengah, oleh karena itu sebaikny De Beers memprodusi
berlian yang tidak kalah bagusnya bagi kalangan menengah yang mungkin sedikit
berbeda dari yang diperuntukan untuk kalangan atas. Serta yang paling mudah
yaitu membidik sasaran pada kalangan orang kaya baru dan juga kalangan kolektor
berlian.
Dalam menghadapi
persaingan global yang akan dihadapi oleh De Beers sebaiknya perusahaan ini
meningkatkan serta memperluas kerjasama dengan perusahaan besar yang sudah
memiliki nama dan merek-merek terkenal dunia. Tetapi dalam penjualan berlian
ini untuk lebih baik dengan membatasi penjualan agar citra elegant yang
dimiliki berlian De Beers tidak pudar. Dalam mengembangkan bisnis ini
seharusnya De Beers tidak menjual saham kepada pihak lain agar konsumen tetap optimis dan percaya akan
kepemimpinannya saat ini.
BAB VI
PENUTUP
Kesimpulan
Perusahaan Berlian De Beers Consolidated Mines yang
berdiri pada tahun 1988 di Afrika Selatan merupakan salah satu perusahaan
berlian terbesar. Dengan membentuk kartel bersama 125 pedagang besar yang ada
di seluruh dunia De Beers mendapatkan data pangsa pasar berlian untuk
menyesuaikan pasokan dengan permintaan berlian. Dengan strategi pemasaran yang
cukup efisien De Beers sering menduduki puncak kejayaan di tahun-tahun
sebelumnya. Dengan produk yang berkualitas tinggi dan harga selangit De Beers
menjadi semakin banyak diminati. Dengan mendirikan De Beers Jewellery yaitu toko
berlian yang terletak di berbagai negara De Beers membuat gap antara produsen
dan konsumen semakin kecil sehinggan apa yang diinginkan konsumen bisa langsung
tersalurkan. Tidak hanya produk yang nomor satu kualitas pelayanan di De Beers Jewellery juga membuat
seakan konsumen ingin datang lagi.
Walaupun sempat mengalami naik turun di tahun1980 an
tetapi pada tahun 1987 De Beers kembali bangkit dan semakin menujukkan
kesuksesannya dengan bekerja sama dengan Louis Vuitton pada tahun 2001.
Saran
De
Beers seharusnya mempertahankan sahamnya dan terus melakukan inovasi produk dan
memperlua pemasaran untuk menambah profit, bukan menjual sahamnya. Strategi pemasaran yang dilakukan oleh De Beers seharusnya
tidak hanya membidik pangsa pasar kelas atas saja tetapi juga membidik pangsa
pasar kelas menegah. Untuk pangsa pasar kelas menengah De Beers harus
memberikan produk dengan harga lebih terjangkau. Selain sasaran pemasaran
jangkuan pemasaran pun perlu diperluas di negara-negara Asia karena Asia adalah
negara konsumerisme yang menjanjikan untuk pemasaran berlian De Beers dengan
harga menegah.
Untuk menghadapi
persaingan De Beers juga perlu memperlebar kerja sama dengan berbagai
brand-brand ternama di dunia. De Beers dapat berkolaborasi untuk membuat produk
yang digemari para pengguna merek-merek dunia sehingga akan bisa menambah
profit.
DAFTAR PUSTAKA
Prof.
Dr. Sofjan Assauri, MBA, Manajemen Pemasaran, PT. RAJAGRAFINDO PERSADA,
Jakarta, 2010
http://learnmine.blogspot.com/2014/09/sejarah-dari-berlian-atau-diamond.html#ixzz3Enwy8jGl; diunduh pada tanggal 01-10-2014
http://internasional.kontan.co.id/news/nicky-oppenheimer-berhasil-dongkrak-harga-berlian-di-tahun-2010-2-1; diunduh
pada tanggal 01-10-2014
http://dstar966.blogspot.com/2013/12/strategi-pemasaran-dan-analisis-pesaing.html;
diunduh pada tanggal 15-10-2014
http://www.slideshare.net/gergajiangin/dinamika-persaingan-32626533;
diunduh pada tanggal 15-10-2014
http://www.sarjanaku.com/2013/04/pengertian-strategi-pemasaran-definisi.html;
diunduh pada tanggal 15-10-2014
Tidak ada komentar:
Posting Komentar