Jumat, 30 Oktober 2015

ANALISIS PERUSAHAAN BERLIAN DE BEERS CONSOLIDATED MINES, LTD

MANAJEMEN PEMASARAN
ANALISIS PERUSAHAAN BERLIAN DE BEERS CONSOLIDATED MINES, LTD

Makalah ini disusun guna memenuhi tugas kelompok
Mata kuliah Manajemen Pemasaran

Dosen Pengampu:
Hutomo Rusdianto, SE, MBA, AWM, QMW
dan Mochamad Edris, Drs, MM

Disusun Oleh Semester V.C :
Kelompok 7
1.    Qoimatul Zuhriyah            [ 2012 – 11 – 261 ]
2.    Abid Fairuz Falih              [ 2012 – 11 – 262 ]
3.    Tunggul Bayu Aditama     [ 2012 – 11 – 275 ]
4.    Fahrul Rosyid                    [ 2012 – 11 – 269 ]
5.    Devi Aramita                     [ 2012 – 11 – 276 ]
6.    Eka Neta Putri                   [ 2012 – 11 – 277 ]
7.    Erli Supriyani                     [ 2012 – 11 – 280 ]
 


PROGDI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS MURIA KUDUS
2014
BAB I
PROFIL PERUSAHAAN

Berlian merupakan salah satu perhiasan paling mewah dan mahal. Seseorang yang memakainya terutama wanita akan lebih cantik, elegan dan menawan jika memakainya. Sebuah perusahaan terkenal menjadi produsen terkemuka di dunia yang membuat perhiasan cantik ini. De Beers adalah perusahaan keluarga yang mendominasi berlian, berlian pertambangan, berlian hop, berlian perdagangan dan industri berlian sektor manufaktur. Perusahaan ini aktif dalam setiap kategori industri pertambangan berlian yang berlangsung di Botswana, Namibia, Afrika Selatan dan Kanada. Didirikan oleh Cecil Rhodes tahun 1888, perusahaan ini didanai oleh Alfred Beit dan Rothschild. Tidak hanya sebagai produsen berlian, perusahaan ini juga mengembangkan bisnis dalam bentuk toko berlian dimana juga berlaku sebagai distributor yang menjual berlian yang dihasilkan dari pertambangan kepada konsumen. Pada tahun 2001, De Beers bekerja sama dengan Louis Vuitton Moet Hennessy dengan membuka toko berlian. Toko pertama dibuka di London’s Old Bond Street pada tahun 2002 dengan nama De Beers Jewellery. Sejak saat itu, perusahaan berlian ini membuka toko di seluruh dunia termasuk Singapura.
Berlokasi di Marina Bay Sands, De Beers Jewellery Singapore merupakan toko berlian pertama yang dibuka di Asia Tenggara. Disini terdapat banyak berlian dengan berbagai macam bentuk mulai dari bulat hingga kotak. Berlian-berlian tersebut juga didesain cantik, menawan, mewah dan elegan dalam berbagai macam barang antara lain kalung, cincin, gelang dan perhiasan lainnya. Merek yang telah berdiri kurang lebih 120 tahun ini memiliki slogan “A Diamond is Forever”. Toko berlian yang satu ini beroperasi mulai senin hingga minggu pukul 10.00 sampai dengan 22.30. Dengan luas 148 meter persegi, toko berlian ini memiliki interior kontemporer dengan lampu hangat dan lantai kayu gelap.
De Beers Jewellery merupakan toko berlian terkenal dan terkemuka di dunia. Jika membaca setiap majalah selebriti, anda akan melihat filosofi dari merek yang didukung, dan berlian dikenakan oleh banyak selebriti seperti Eva Herzigova, Claire Forlani dan Anna Friel. Toko ini menjual berbagai berlian untuk berbagai kebutuhan anda mulai dari cincin berlian untuk pertunangan, cincin pernikahan dan perhiasan elegan lainnya. Tidak hanya itu, di toko ini juga terdapat De Beers Beauty Scan sebuah alat pendeteksi berlian. Dengan bantuan alat tersebut, pengunjung dapat mengevaluasi kualitas berlian. De Beers Jewellery dapat memastikan berlian yang ditawarkan asli.Ini dapat dibuktikan dengan katalog yang ditawarkan 0,2 karat dan bertuliskan De Beers. Produk berlian De Beers dikemas dalam box cantik untuk menjaga kualitas berlian itu sendiri. 
BAB II
POKOK PERMASALAHAN

Perusahaan berlian De Beer Consolidated Mines LTD. mengalami kehancuran pasar berlian pada tahun 1929, permintaan berlian mentah dunia mengalami penurunan yang signifikan, penjualan berlian yang naik turun kemudian perusahaan melakukan tindakan memangkas produksi dan membeli berlian untuk ditahan sebagai cadangan di gudangnya. Hal tersebut diakibatkan oleh jatuhnya bursa saham saat itu.
Kotak berlian yang terjual lebih dari harga yang ditawarkan oleh de beer menyebabkan Banyak dealer batu permata yang yang masih menahan stoknya sesudah adanya peningkatan harga berlian de beer yang terbaru dengan tujuan menambah kelangkaan supaya harga berlian meningkat.
Anglo American akan mengambil alih perusahaan berlian De Beers setelah keluarga Oppenheimer menjual 40% saham mereka di perusahaan tersebut senilai US$5,1 miliar. Kesepakatan ini membuat saham Anglo di perusahaan distributor berlian terbesar di dunia itu menjadi 85%, sisanya dimiliki pemerintah Botswana.

BAB III
ANALISIS MARKETING
A.                Strategi Marketing
Pemasaran merupakan salah satu kegiatan utama yang dilakukan dalam melakukan usaha guna mempertahankan kelangsungan hidupnya, untuk berkembang dan mendapatkan laba, Pasar secara umum, dapat dikatakan sebagai tempat bertemunya antara penjual dan pembeli.
Manajemen pemasaran merupakan salah satu kunci utama dalam suatu perusahaan untuk dapat bersaing dengan perusahaan lain.

1. Strategi Produk
Strategi produk dalam hal ini adalah menetapkan cara dan penyediaan produk yang tepat bagi pasar yang dituju, sehingga dapat memusakan pasar konsumennya dan sekaligus dapat meningkatkan keuntungan perusahaan dalam jangka panjang melalui peningkatan penjualan dan peningkatan share pasar. Strategi produk yang dapat dilakukan mencakup keputusan tentang bauran produk(product mix), merek dagang (brand), cara pembungkusan/kemasan produk (product packaging), tingkat mutu/kualitas dari produk, dan pelayanan (services) yang diberikan.
The De Beers berlian perhiasan berlian keabadian elemen desain modern dan berbagai perpaduan sempurna dari perhiasan berlian klasik membawa jiwa dan pesona. Setelah De Beers ahli tangan-memilih, memiliki api yang sangat baik, vitalitas dan cahaya kinerja berlian De Beers, berlian perhiasan Zhen salah satu produk dari premis. Sebagai master cahaya dan bayangan, De Beers berlian perhiasan mosaik adalah sudut yang sempurna untuk menahan berlian, sehingga memaksimalkan kecemerlangan berlian untuk ditampilkan. Setiap desain akan terintegrasi perhiasan dan pemakainya, sehingga pemilik De Beers berlian perhiasan berlian dapat membawa perasaan kekuatan dan cahaya. De Beers perhiasan berlian tulus memuji keindahan alam, melalui ekspresi setiap desain perhiasan seri keindahan dan vitalitas alam. Terinspirasi oleh alam abadi, melalui keterampilan yang sempurna atas yang akan disajikan, akhirnya akan berlian keanggunan dan katarsis desain modern bersama-sama.
De Beers memberikan pelayanan yang berupa De Beers Beauty Scan sebuah alat pendeksi berlian. Dengan bantuan alat tersebut yang tersedia di setiap toko De Beers Jewellery pengunjung dapat mengevaluasi kualitas berlian. De Beers Jewellery dapat memastikan berlian yang ditawarkan asli.Ini dapat dibuktikan dengan katalog yang ditawarkan 0,2 karat dan bertuliskan De Beers. Produk berlian De Beers dikemas dalam box cantik untuk menjaga kualitas berlian itu sendiri.

2.      Strategi Harga
Dalam keadaan persaingan yang semakin tajam dewasa ini, yang terutama sangat terasa dalam pasar pembeli (buyers market), peranan harga sangat penting terutama untuk menjaga dan meningkatkan posisi perusahaan di pasar, yang tercermin dalam share pasar perusahaan, di samping untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan perusahaan.Faktor-faktor yang perlu di pertimbangkan dalam penetapan harga tersebut antara lain biaya,keuntungan,praktik saingan ,dan perubahan keinginan pasar.
Harga berlian De Beers sering mengalami naik turun secara drastis, pada tahun 1980 berlian bulat D-Flawless satu karat harganya $62.000, di tahun 1986 berlian satu karat ini turun menjadi $13.000 dan membuat industriberlian kacau. Dibeberapa tempat perhiasan berlian De Beers juga sempat menjadi lelang dengan harga selangit pada tahun 1987. Di Christie’S berlian marquise biru sebesar tujuh karat terjual dengan harga $1.265.000 yang menyebabkan pasar berlian menjadi sangat kuat.

3.      Strategi Distribusi
Saluran distribusi diperlukan oleh setiap perusahaan, karena produsen menghasilkan produk dengan memberikan kegunaan bentuk bagi konsumen setelah sampai ke tangannya, sedangkan lembaga penyalur membentuk atau memberikan kegunaan waktu, tempat, dan pemilikan dari produk itu. Saluran distribusi dibutuhkan terutama karena adanya perbedaan yang menimbulkan celah-celah atau kesenjangan di antara  produksi dan konsumsi.
De Beers sangat bangga dengan berlian perhiasan unik dan penampilan yang sempurna dapat membuktikan mereka berlian pesona dipilih merek. De Beers Iris detektor nyala adalah teknologi eksklusif, masing-masing De Beers toko dilengkapi dengan instrumen ini. Setiap pelanggan dapat mengamati jalan melalui tujuan ini, profesional mengagumi keindahan berlian. Api \detektor sekejap dapat memperlambat, yang memungkinkan Anda untuk menikmati keindahan berlian. De Beers adalah perusahaan keluarga yang mendominasi berlian, berlian pertambangan, berlian hop, berlian perdagangan dan industri berlian sektor manufaktur. Tidak hanya sebagai produsen berlian, perusahaan ini juga mengembangkan bisnis dalam bentuk toko berlian dimana juga berlaku sebagai distributor yang menjual berlian yang dihasilkan dari pertambangan kepada konsumen.
4.      Strategi Promosi
Usaha perusahaan untuk mempengaruhi dengan merayu calon pembeli, melalui pemakaian segala unsur acuan pemasaran disebut promosi. Kegiatan promosi yang dilakukan suatu perusahaan merupakan penggunaan kombinasi yang terdapat dari unsur-unsur atau peralatan promosi yang mencerminkan pelaksanaan kebijakan promosi yang disebut bauran promosi (promotion mix) yaitu advertensi, personal selling, promosi penjualan dan publisitas.
Warisan lebih dari 120 tahun keahlian berlian, De Beers perhiasan berlian untuk berlian berkualitas tinggi yang paling profesional memiliki hak untuk berbicara. De Beers Group di tahun 1939 dan diperkenalkan kepada konsumen standar 4C, dan pada tahun 1947 merek terkenal di seluruh  dunia sebagai salah satu slogan iklan terbaik abad ke-20 menurut majalah Advertising Age dari kecerdikan slogan iklan "berlian adalah abadi." De Beers perhiasan berlian untuk dapat melewati kekayaan berharga ini bangga dan sejarah yang mulia.
De Beers perhiasan berlian untuk menginspirasi inovasi profesional dan antusias mereka sendiri, dan terus-menerus menciptakan desain klasik yang unik, masing-masing perhiasan berlian sepenuhnya menunjukkan pesona abadi dari berlian itu sendiri, sehingga telah menjadi terkenal berwibawa perhiasan berlian. Millennium Dome di London (Millennium Dome) dipamerkan setelah Bintang Milenium terkenal di dunia (Bintang Milenium) untuk menjadi pilihan pertama kalinya dari De Beers berlian perhiasan berlian. Sementara ini dipotong sempurna, tanpa cela D warna berlian menjadi berkelanjutan kami karena masing-masing criteria tangan-dipilih berlian.

B.        Promotional Mix
Pengertian promotional mix menurut Swastha yang dikutip dari karangan Angipora (2002 : 338) yaitu : ”Promosi adalah kombinasi strategi yang paling baik dari variabel-variabel periklanan, personal selling, dan alat promosi lainnya yang kesemuanya mencapai program penjualan”.
Yang termasuk alat promosi itu sendiri adalah:
1.      Pemasangan iklan, setiap bentuk presentasi dan promosi non personal yang memerlukan biaya tentang gagasan, barang, atau jasa oleh sponsor yang jelas. Bisa melalui iklan media massa yang ada , atau iklan luar ruangan seperti pesamangan billboard, spanduk dan poster.
Dengan media komputer meja yang dihubungkan dengan telepon membuatnya lebih mudah untuk mengiklankan berlian yang tersedia dan dapat menciptakan suasana tawar menawar yang sesungguhnya.
2.      Penjualan personal, presentasi personal oleh tenaga penjualan sebuah perusahaan         dengan tujuan menghasilkan transaksi penjualan dan membangun hubungan dengan pelanggan. Mencakup presentasi penjualan, pameran dagang dan promosi insentif.
Presentasi penjualan perusahaan berlian de beer dari tahun 1978-1980 mengalami peningkatan yang cukup tinggi dari 6-20 dollar kemudian pada tahun 1981-1988 mengalami penurunan drastis diangka sekitar 4-6 ribu dollar per 1 karat pada tahun tersebut juga untuk berlian 3 karat dari tahun 1980-1981 mengalami penurunan dari 24 sampai ke level 12 dollar, sampai pada tahun 1982 mengalami penurunan yang sama dari tahun ketahun. Hingga  pada tahun 1986 kemudian harga berlian mengalami peningkatan kembali dari 12 dollar per 3 karat menjadi sekitar 16 karat sampai pada tahun 1988. Hal itu juga terjadi pada berlian 5 karat yang pada tahun yang sama tahun 1982-1985 mengalami penurunan diangka 12 dollar dan pada tahun 1986 harga mulai merangkak naik dari angka 12-24 dollar per 5 karat itu untuk berlian yang sudah dipoles. Dan untuk berlian mentah pada tahun 1985-1987 mulai merangkak naik dari angka 5-18 dollar per karat kemudian mengalami penurunan di angka sekitar 10 dollar di tahun 1988.
Perusahaan berlian de beer banyak melakukan pameran dagang seperti melakukan pelelangan berlian di tempat-tempat pelelangan, memdistribusikan berlian mentahnya kepada 150 dealer yang diundang dengan cara bila dealer dapat menjual kembali maka de beer akan menaikkan harga berliannya.

3.      Promosi penjualan, insenstif-insentif jangka pendek untuk mendorong pembelian atau penjualan sebuah produk/jasa. Meliputi pajangan-pajangan di sejumlah titik/lokasi penting pemasaran, bingkisan, discount, kupon belanja, pemasangan iklan khusus.
Saat mereka datang kesalon elegan dan rapi umtuk menimang-nimang berlian yang mempesona dari the Winston Vault dengan tertawa Saujet mengatakan, “Pertanyaan pertama mereka adalah akan bernilai berapa harga berlin dalam waktu satu tahun, atau dalam dua tahun?” kami menceritakan kepada mereka: kami tidak menjual barang-barang perhiasan atau batu berharga sebagai investasi. Itu bukan bisnis kami kami hanya memberikan fakta, dan faktanya adalah bila kita melihat arsip perusahaan, maka kamu dapat mengikuti perkembangan harga sebuah batu berharga dan melihat harga batu berharga akan mengalami peningkatan.
Apa yang sebenarnya ingin diketahui oleh orang-orang kaya Wall Steet ini, tentu saja bukan bagaimana berlian tersebut dihargai, melainkan apakah ada peluang bahwa harga berlian pada umumnya akan meningkat? Dan jawaban adalah sangat jelas.

4.      Hubungan masyarakat, membangun hubungan baik dengan public internal/eksternal untuk membangun atau bahkan meningkatkan image baik perusahaan. Ikut serta atau mengadakan acara-acara tertentu yang sifatnya tidak murni profit orientes dengan instansi lain. Misalkan dengan menggelar acara malam bakti sosial atau penggalangan dana.

5.      Pemasaran langsung, hubungan langsung dengan pelanggan yang ditargetkan secara tepat dengan tujuan mendapatkan tanggapan sesegera mungkin untuk menciptakan hubungan baik dengan pelanggan yang langgeng. Meliputi telemarketing, catalog, pasang poster di kios-kios, iklan via internet dll.
Yang pasti, konsumen yang nyata-nyata berminat betul-betul menunjukkan minatnya. Pada 20 oktober, ketika berita utama tentang kehancuran bursa saham, juru lelang christi melelang berlian berbentuk seperti buah peer (dengan ukuran sebesar telur) dibawah 65 karat untuk harga $6,58 juta suatu rekor dengan harga $101,496 per karat. Rekor ini pecah di bulan April, ketika berlian segi empat 52,59 karat ditawarkan dengan harga $7,48 juta atau $142,000 per karat, harga tertinggi per karat untuk berlian putih manapun yang dijual dipelelangan, demikian menurut petugas lelang Chritie’s Francois Curies.

BAB IV
PESAING DAN PERSAINGAN
A.    Pengertian Pesaing
Analisis pesaing merupakan suatu perbuatan menganalisa atau mengidentifikasi apa-apa saja yang dilakukan oleh pihak pesaing atau perusahaan yang menghasilkan barang atau jasa yang mirip dengan produk kita.
Adapun hal-hal yang perlu dilakukan adalah:
a)      Identifikasi pesaing
b)      Menentukan sasaran pesaing
c)      Identifikasi strategi pesaing
d)     Analisis kekuatan dan kelemahan  pesaing
e)      Identifikasi reaksi pesaing
f)       Strategi menghadapi pesaing.
Ruang dagang klub dilantai 10 dipenuhi suara hikuk pikuk pada minggu lalu, dengan beberapa pembeli yang sangat berminat untuk membeli meletakkan tanda tangan diatas meja yang menunjukkan keinginan mereka dan memperoleh batu berlian tertentu.
Tetapi sebagaimana yang terjadi, De Beers menyatakan prediksi Wall Streetnya yang mengerikan, tetapi ironisnya, nasihatnya yang menyarankan kehati-hatian justru malah memperhebat tekanan terhadap harga karena adanya pembatasan terhadap persediaan berlian.
Antarpara pedagang, satu cara pengujian terhadap besarnya permintaan berlian dengan “premium in the boxes”. De Beers yang mendistribusikan berlian mentahnya dengan cara mengundang sekitar 150 dealer utama ke kantornya. Ada 10 kali kesempatan sepanjang tahun ketika kotak berlian mentah yang beragam ini di perlihatkan untuk dibeli.

B.     Pengertian Persaingan
Keadaan dimana perusahaan pada pasar produk atau jasa tertentu akan memperlihatkan keunggulannya masing-masing, dengan atau tanpa terikat peraturan tertentu dalam rangka meraih pelanggannya (Kotler, 2002). Sedangkan menurut Porter, persaingan akan terjadi pada beberapa kelompok pesaing yang tidak hanya pada produk atau jasa sejenis, dapat pada produk atau jasa substitusi maupun persaingan pada hulu dan hilir (Porter, 1996).
Konglomerat De Beers adalah berlian terbesar perkilangan, perdagangan dan syarikat pengedaran di dunia. Mereka kebetulan juga menjadi tertua juga. Syarikat ini ditubuhkan oleh seorang Inggeris bernama Cecil Rhodes, yang memulakan syarikatnya pada tahun 1888 dan mencipta sebuah monopoli pada harga berlian dan intan dengan rundingan perjanjian dengan peniaga di London yang akan membeli jumlah yang tetap berlian dengan harga Rhodes ‘. Namun, monopoli berlian patah pada tahun 1902.
Pada tahun 1902, tambang bersaing ditubuhkan dan pemilik suara tambang tersebut kepada keluarga Oppenheimer dari pada Rhodes, yang menghancurkan monopoli berlian DeBeers. Namun, DeBeers masih dipertahankan dominasi dan pengaruh atas harga berlian dengan menggunakan taktik pemasaran monopoli dan berjaya mempertahankan pangsa pasar 80% dari pasaran berlian. Dengan demikian, mereka diperintahkan harga hanya dengan mengendalikan segala sesuatu. Beberapa dari mereka taktik termasuk membanjiri pasar dengan item identik dengan pesaing, sehingga menyebabkan mereka keluar dari perniagaan dan dengan membeli dari pengilang lain untuk memastikan mereka bekalan terbesar, antara amalan-amalan yang sangat tidak beretika lain yang pernah ditayangkan DeBeers terkena sebagai serakah, syarikat kejam itu.
Pada tahun 2000, DeBeers akhirnya berakhir taktik monopoli kerana pembekal berlian telah menjadi muak dengan ketidakjujuran mereka dan akibatnya baik memutuskan untuk menjual berlian mereka sendiri atau pasaran mereka melalui syarikat lain. pengilang Diamond di Afrika pada khususnya melakukan ini dan pada dasarnya DeBeers ditendang keluar dari negara mereka dalam rangka memperluaskan industri berlian tempatan mereka sendiri. Selain itu, barang-barang mewah lain permintaan, yang menempatkan berlian di kerusi belakang. Dengan demikian, DeBeers mengubah model perniagaan dan sekarang hanya bekerja melalui tawaran dan permintaan bukan oleh penimbunan dan eksploitasi.
Dengan perubahan DeBeers dalam model perniagaan mereka, keuntungan mereka meningkat, walaupun pasaran mereka sudah menurun. DeBeers masih mempunyai beberapa operasi tambang di Afrika, namun ini tambang berlian adalah sangat terhad dan pada dasarnya berada dalam hubungannya dengan kerajaan yang boleh berunding dan memaksa mereka untuk melayan pekerja mereka dengan adil dan tidak mengeksploitasi penambang berlian lagi. Apapun, kerana DeBeers adalah salah satu syarikat berlian tertua di dunia, juga salah satu yang paling dihormati. Ini bermakna bahawa harga berlian mereka sering adalah harga asas untuk berlian yang paling. Namun, bahkan ini sedang terkikis oleh populariti dari senarai Rapaport, yang memberikan nilai dari setiap berlian yang diberikan, sehingga masih harus dilihat apakah DeBeers akan mempertahankan pengaruh mereka atas harga berlian di masa mendatang.

BAB V
MERANCANG STRATEGI PEMASARAN

Definisi Strategi Pemasaran
Menurut  Philip Kotler ( 2004, 81 ) :
“Strategi Pemasaran adalah pola pikir pemasaran yang akan digunakan untuk mencapai tujuan pemasarannya. Strategi pemasaran berisi strategi spesifik untuk pasar sasaran, penetapan posisi, bauran pemasaran dan besarnya pengeluaran pemasaran”.
Menurut tjiptono ( 2002, 6 ) :
Strategi pemasaran adalah alat fundamental yang direncanakan untuk mencapai perusahaan dengan mengembangkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan melalui pasar yang dimasuki dan program pemasaran yang digunakan untuk melayani pasar sasaran tersebut.”

De beers merupakan perusahan berlian ternama yang memiliki sararan pasar untuk kalangan atas tetapi demi mengembangkan pemasaran seharusnya De Beers mulai membidik pasar pada kalangan menengah untuk memperluas pangsa pasarnya. Filosofi dari berlian yang mewah yang hanya dimiliki oleh kalangan ataspun tidak akan mungkin dimiliki kalangan menengah, oleh karena itu sebaikny De Beers memprodusi berlian yang tidak kalah bagusnya bagi kalangan menengah yang mungkin sedikit berbeda dari yang diperuntukan untuk kalangan atas. Serta yang paling mudah yaitu membidik sasaran pada kalangan orang kaya baru dan juga kalangan kolektor berlian.
Dalam menghadapi persaingan global yang akan dihadapi oleh De Beers sebaiknya perusahaan ini meningkatkan serta memperluas kerjasama dengan perusahaan besar yang sudah memiliki nama dan merek-merek terkenal dunia. Tetapi dalam penjualan berlian ini untuk lebih baik dengan membatasi penjualan agar citra elegant yang dimiliki berlian De Beers tidak pudar. Dalam mengembangkan bisnis ini seharusnya De Beers tidak menjual saham kepada pihak lain  agar konsumen tetap optimis dan percaya akan kepemimpinannya saat ini.




BAB VI
PENUTUP
Kesimpulan
Perusahaan Berlian De Beers Consolidated Mines yang berdiri pada tahun 1988 di Afrika Selatan merupakan salah satu perusahaan berlian terbesar. Dengan membentuk kartel bersama 125 pedagang besar yang ada di seluruh dunia De Beers mendapatkan data pangsa pasar berlian untuk menyesuaikan pasokan dengan permintaan berlian. Dengan strategi pemasaran yang cukup efisien De Beers sering menduduki puncak kejayaan di tahun-tahun sebelumnya. Dengan produk yang berkualitas tinggi dan harga selangit De Beers menjadi semakin banyak diminati. Dengan mendirikan De Beers Jewellery yaitu toko berlian yang terletak di berbagai negara De Beers membuat gap antara produsen dan konsumen semakin kecil sehinggan apa yang diinginkan konsumen bisa langsung tersalurkan. Tidak hanya produk yang nomor satu kualitas pelayanan di De Beers Jewellery juga membuat seakan konsumen ingin datang lagi.
Walaupun sempat mengalami naik turun di tahun1980 an tetapi pada tahun 1987 De Beers kembali bangkit dan semakin menujukkan kesuksesannya dengan bekerja sama dengan Louis Vuitton pada tahun 2001.

Saran
De Beers seharusnya mempertahankan sahamnya dan terus melakukan inovasi produk dan memperlua pemasaran untuk menambah profit, bukan menjual sahamnya. Strategi pemasaran yang dilakukan oleh De Beers seharusnya tidak hanya membidik pangsa pasar kelas atas saja tetapi juga membidik pangsa pasar kelas menegah. Untuk pangsa pasar kelas menengah De Beers harus memberikan produk dengan harga lebih terjangkau. Selain sasaran pemasaran jangkuan pemasaran pun perlu diperluas di negara-negara Asia karena Asia adalah negara konsumerisme yang menjanjikan untuk pemasaran berlian De Beers dengan harga menegah.
Untuk menghadapi persaingan De Beers juga perlu memperlebar kerja sama dengan berbagai brand-brand ternama di dunia. De Beers dapat berkolaborasi untuk membuat produk yang digemari para pengguna merek-merek dunia sehingga akan bisa menambah profit.
DAFTAR PUSTAKA

Prof. Dr. Sofjan Assauri, MBA, Manajemen Pemasaran, PT. RAJAGRAFINDO PERSADA, Jakarta, 2010








Tidak ada komentar:

Posting Komentar