BAB I
Pendahuluan
Riwayat Singkat TELKOM
Telkom
merupakan BUMN yang bergerak di bidang jasa layanan telekomunikasi dan jaringan
di wilayah Indonesia dan karenanya tunduk pada hukum dan peraturan yang berlaku
di Indonesia. Dengan statusnya sebagai Perusahaan milik negara yang sahamnya diperdagangkan
di bursa saham, pemegang saham mayoritas Perusahaan adalah Pemerintah Republik
Indonesia sedangkan sisanya dikuasai oleh publik. Saham
Perusahaan diperdagangkan di BEI, NYSE, LSE dan Public Offering Without
Listing (“POWL”) di Jepang. Riwayatsingkat Telkom
daritahunketahundapatdilihatpadabagian “SejarahPanjangMenempa Kami”.
KEGIATAN
USAHA
Berdasarkan
Anggaran Dasar Perusahaan, ruang lingkup kegiatan Perusahaan adalah menyelenggarakan
jaringan dan layanan telekomunikasi, informatika serta optimalisasi sumber daya
Perusahaan. Untuk mencapai tujuan tersebut di atas, Perusahaan menjalankan kegiatan
usaha yang meliputi:
Usaha
Utama
1. Merencanakan, membangun,
menyediakan, mengembangkan, mengoperasikan, memasarkan atau menjual/menyewakan dan
memelihara jaringan telekomunikasi dan informatika dalam arti yang
seluas-luasnya dengan memperhatikan ketentuan peraturan perundang-undangan.
2. Merencanakan, mengembangkan,
menyediakan, memasarkan atau menjual dan meningkatkan layanan jasa telekomunikasi
dan informatika dalam arti yang seluas-luasnya dengan memperhatikan ketentuan peraturan
perundang-undangan.
Usaha
Penunjang
1. Menyediakan layanan transaksi pembayaran
dan pengiriman uang melalui jaringan telekomunikasi dan informatika.
2. Menjalankan kegiatan dan usaha lain
dalam rangka optimalisasi sumber daya yang dimiliki Perusahaan, antara lain
pemanfaatan aset tetap dan aset bergerak, fasilitas sistem informasi, fasilitas
pendidikan dan pelatihan dan fasilitas pemeliharaan dan perbaikan.
BAB II
Tentang Produk
Pada tahun 2008 PT TELKOM
mengeluarkan produk unggulan nya yaitu SPEEDY . SPEEDY adalah produk Layanan
Broadband Access dari PT TELKOM dengan basis teknologi ADSL (Asymmetric Digital
Subscriber Line). ADSL dapat menyalurkan data dan suara secara bersamaan
(simultan) melalui satu saluran telepon biasa dengan kecepatan hingga 384 kbps
dari modem sampai dengan BRAS (Broadband Remote Access Server).
Pada awal peluncuran ini, manajemen PT TELKOM menargetkan proses pengenalan produk SPEEDY yang efektif kepada pasar dan kemudian diharapkan menghasilkan penjualan layanan yang telah ditargetkan. Target penjualan sendiri yang ingin dicapai manajemen pada semester 1 (pertama) peluncuran produk SPEEDY ini adalah menutup biaya penggunaan atas layanan yang disediakan kepada pelanggan.
Pada awal peluncuran ini, manajemen PT TELKOM menargetkan proses pengenalan produk SPEEDY yang efektif kepada pasar dan kemudian diharapkan menghasilkan penjualan layanan yang telah ditargetkan. Target penjualan sendiri yang ingin dicapai manajemen pada semester 1 (pertama) peluncuran produk SPEEDY ini adalah menutup biaya penggunaan atas layanan yang disediakan kepada pelanggan.
Untuk pengenalan produk dan
pemenuhan target penjualan ini, manajemen PT TELKOM mengadopsi strategi bauran
pemasaran 4P (Product, Price , Place dan Promotion), yang dikenalkan pertama
kali oleh Philip Kotler (1994). Strategi Product didefiniskan sebagai upaya
untuk menciptakan produk dengan karakteristik yang diinginkan.
Strategi produk berkaitan dengan produk apa yang dibutuhkan masyarakat saat ini. Strategi Price berkaitan dengan penetapan harga yang efektif. Strategi Place berkaitan dengan cara perusahaan menyampaikan produknya ke pelanggan , dan Strategi Promotion berkaitan dengan rangsangan kepada pelanggan untuk membeli produk (Kotler, 1994). Strategi bauran pemasaran ini dianggap sebagai strategi paling mendasar yang harus dimiliki oleh PT TELKOM dalam menjual produk SPEEDY.
Strategi produk berkaitan dengan produk apa yang dibutuhkan masyarakat saat ini. Strategi Price berkaitan dengan penetapan harga yang efektif. Strategi Place berkaitan dengan cara perusahaan menyampaikan produknya ke pelanggan , dan Strategi Promotion berkaitan dengan rangsangan kepada pelanggan untuk membeli produk (Kotler, 1994). Strategi bauran pemasaran ini dianggap sebagai strategi paling mendasar yang harus dimiliki oleh PT TELKOM dalam menjual produk SPEEDY.
Mengutip dari jurnal yang disusun
oleh LIA WILLYARTI mengenai pengaruh bauran pemasaran terhadap citra merk
terhadap produk , mengemukakan produk yang berkualitas adalah variabel yang
dapat digunakan sebagai strategi pemasaran untuk berkompetisi pada pasar yang
dipilih. Dalam variabel produk, price , place , promosi, dan pelayanan kepada
konsumen (customer service). Strategi bauran pemasaran (4P) apabila dapat
dijalankan dengan baik oleh produsen maka akan berpengaruh pada citra merk
perusahaan tersebut. Sehingga image perusahaan akan menjadi bagus di mata
masyarakat. (Masson, Mayor, F. Ezzel dalam Bob Foster (2008:51).
BAB III
Marketing Mix
Bauran Pemasaran 4P diperkenalkan
pertama kali oleh Philip Kotler dalam bukunya Marketing Management (1994). Ada
empat pilar yang mesti diperhatikan oleh manajemen dalam memasarkan produknya,
yaitu karakteristik produk yang ingin dibuat (product), harga yang ingin
ditetapkan (price), cara pendistribusian produk ke pelanggan (place) dan cara
merangsang calon pelanggan untuk membeli produk (promotion).
Teori tentang "PRODUCT"
Ada banyak teori yang dikemukakan oleh beberapa tokoh
yang membahasas tentang konsumen dan keputusan yang diambil olehnya dalam
pemenuhan kebutuhan. Salah satunya adalah teori kepuasan pelanggan (Customer
Satifaction) atau sering disebut juga dengan Total Customer Satisfaction yang
dikemukakan oleh Barkelay dan Saylor (1994:82). Begitu juga definisi singkat
tentang kualitas yang dinyatakan oleh Juran (1993:3) bahwa kualitas adalah
kepuasan pelanggan.
Menurut Porter (1996), keunggulan suatu produk agar
dapat diterima dan bertahan di pasar ditentukan oleh ciri khas atau keunikan
produk tersebut dibandingkan dengan produk lain yang ada di pasar.
Inovasi produk juga merupakan salah satu pendorong daya saing bagi produk dan perusahaan. Menurut Everett M. Rogers (1961), inovasi dapat dilakukan dengan penciptaan gagasan, tindakan, atau barang yang dianggap baru oleh seseorang.
Teori
tentang "PRICE"
Philip Kotler dan Gary Armstrong (2010), strategi
dalam penetapan harga bisa dilakukan dengan beberapa cara, misalnya: harga
bundling, harga predatory, harga berbasis kompetisi, harga cost plus, harga
berorientasi pasar, harga premium, harga psikologis, harga dinamis, dll.
Penggunaan strategi harga sangat bergantung dengan
kondisi yang dihadapi oleh masing-masing perusahaan. Dalam kasus produk SPEEDY,
perusahaan menggunakan strategi berbasis kompetisi yang dikombinasikan dengan
harga berorientasi pasar. Harga layanan SPEEDY ditetapkan bersaing dengan
produk lain dalam rangka memenangkan kompetisi dengan para pesaing. Harga yang
bersaing ini juga digagas untuk memenuhi kebutuhan sasaran pelanggan yang
menghendaki layanan internet super cepat.
Teori
tentang "PLACE"
Yang paling mendasar dalam strategi placing adalah
metode yang paling memungkinkan produk dapat diakses oleh calon pelanggan
(Kotler, 1994). Pada kasus produk SPEEDY, manajemen memanfaatkan infrastruktur
yang sudah ada untuk membangun skala ekonomis dibanding jika harus membangun
infrastruktur baru.
Menurut Losch, Lokasi penjualan sangat berpengaruh lokasi penjual sangat berpengaruh terhadap jumlah konsumen yang dapat digarapnya. Makin jauh dari tempat penjual, konsumen makin malas membeli karena biaya transportasi untuk mendatangi tempat penjual semakin mahal. Losch cenderung menyarankan agar lokasi produksi berada di pasar atau di dekat pasar.
Teori tentang "PROMOTION"
Menurut Philip Kotler (1997 : 153) proses keputusan
pembelian dipengaruhi oleh rangsangan pemasaran dan rangsangan lain. Bauran
promosi yang meliputi periklanan (advertising), penjualan pribadi (personal
selling), hubungan masyarakat (public relation) dan publisitas(publicity),
promosi penjualan (sales promotion), dan pemasaran langsung (direct marketing)
adalah bagian dari rangsangan pemasaran yang merupakan variabel yang dapat
dikontrol oleh perusahaan.
Menurut Schoell (1993:424), Tujuan promosi adalah
memperoleh perhatian, mendidik, mengingatkan, dan meyakinkan.
Secara umum, strategi bauran pemasaran
yang dijalankan oleh PT TELKOM untuk produknya "SPEEDY" adalah
sebagai berikut:
- Strategi
Product, meliputi :
Konfigurasi SPEEDY di terminal pelanggan. Teknologi
ADSL membawa sinyal data dan suara dalam kabel tembaga, kemudian xDSL splitter
(Splitter dari DSL-series) memisahkan sinyal suara dan data. Sinyal suara
dihubungkan ke pesawat telepon biasa, sedangkan sinyal data disalurkan ke modem
ADSL untuk selanjutnya dihubungkan ke komputer. ADSL memberikan privasi serta
dedicated bandwidth bagi setiap pengguna, karena setiap pengguna dalam jaringan
ADSL mempunyai saluran tersendiri sampai ke perangkat multiplexer di sisi
Telkom.
Dunia Broadband
Layanan broadband access memungkinkan berbagai
aplikasi multimedia masa depan dapat dinikmati dengan kualitas serta kenyamanan
yang optimal. Broadband access sering disebut dengan akses internet kecepatan
tinggi (high speed internet access), karena biasanya mempunyai data kecepatan
tinggi. Anda bisa mulai menjelajahi dunia Internet masa depan dengan internet 3
dimensi (3D). Aplikasi 3D merupakan layanan terintegrasi yang padat dengan
animasi-video-musik.
Siapa yang sebaiknya memilih layanan akses SPEEDY?
SPEEDY tepat digunakan oleh pemakai internet yang
sering mengakses data dalam volume besar dengan kecepatan tinggi, serta
membutuhkan koneksi internet yang lebih stabil.
SPEEDY juga sesuai untuk kawasan perumahan (households) yang merupakan pengguna internet secara aktif, termasuk SOHO (small office - home office), medium-scale enterprises, sekolah, dan institusi lainnya.
SPEEDY juga sesuai untuk kawasan perumahan (households) yang merupakan pengguna internet secara aktif, termasuk SOHO (small office - home office), medium-scale enterprises, sekolah, dan institusi lainnya.
SPEEDY sangat sesuai untuk aplikasi-aplikasi dalam
bentuk video interaktif dan kecepatan yang tinggi, seperti aplikasi permainan
secara online (game-online) yang memadukan aliran audio dan video (audio and
video streaming) hingga menjadi sangat smooth dan jernih.
Aplikasi-aplikasi lainnya dalam dunia broadband internet di antaranya, adalah:
• Akses internet kecepatan tinggi.
Aplikasi-aplikasi lainnya dalam dunia broadband internet di antaranya, adalah:
• Akses internet kecepatan tinggi.
• Multitask, download file, browsing, akses ke
web-mail pada saat yang bersamaan tetap dengan kecepatan yang nyaman.
• Streaming media, Anda dapat menonton high quality
streaming media di PC seperti video musik, movie traillers, konser musik,
siaran televisi, siaran radio dan lain-lain.
• Mengoperasikan PC (personal computer) dari lokasi jauh (remote), sampai dengan 24 jam sehari 7 hari seminggu tanpa henti.
• Mengoperasikan PC (personal computer) dari lokasi jauh (remote), sampai dengan 24 jam sehari 7 hari seminggu tanpa henti.
• Mengoperasikan PC yang tersambung ke akses LAN
(local area network), misalnya untuk teleworking, SOHO. Aplikasi yang mendukung
program belajar jarak jauh (distance learning).
• Aplikasi untuk video conference.
• Aplikasi untuk video conference.
• Aplikasi untuk online game, home shopping, video on
demand, dll.
- Strategi
Place, meliputi:
Pada saat ini SPEEDY telah masuk ke berbagai kota
besar dan kecil di seluruh indonesia. Adapun target SPEEDY adalah pelajar dan
mahasiswa , kalangan menengah dan menengah atas yang membutuhkan koneksi
internet super cepat. Calon pelanggan SPEEDY dapat mendatangi PLAZA TELKOM
untuk berlangganan SPEEDY.
- Strategi
Price, meliputi:
Speedy menyediakan berbagai pilihan paket layanan
sesuai dengan kebutuhan di rumah maupun bisnis Anda, baik paket berjenis
time-based maupun paket unlimited dengan pilihan kecepatan yang bervariasi.
Paket Mail (Limited 15 Jam 1 Mb/s)
Dengan kecepatan 1 Mb/s downstream dan 256 kb/s
upstream dan harga yang murah, paket ini ditujukan untuk pengenalan Internet,
atau untuk pengguna yang jarang menggunakan Internet tetapi menginginkan
koneksi yang cepat.
Paket Chat (Limited 50 Jam 1 Mb/s)
Dengan kecepatan 1 Mb/s downstream dan 256 kb/s
upstream dan harga yang terjangkau, Anda dapat melakukan koneksi internet
dengan kecepatan tinggi dengan durasi yang lebih panjang.
Paket Socialia (Unlimited 384 kb/s)
Dengan kecepatan 384 kb/s downstream dan 96 kb/s
upstream tanpa batas waktu, Anda dapat berinternet sepuasnya untuk browsing
maupun chatting.
Paket Load (Unlimited 512 kb/s)
Dengan kecepatan 512 kb/s downstream dan 128 kb/s
upstream tanpa batas waktu, Anda dapat berinternet sepuasnya untuk browsing
yang lebih cepat, download, maupun chatting.
Paket Familia (Unlimited 1 Mb/s)
Dengan kecepatan 1 Mb/s downstream dan 256 kb/s
upstream, serta alokasi kapasitas ke gateway internasional yang lebih besar,
paket ini ditargetkan bagi para profesional, atau bagi penggunaan internet
rumah tangga yang dishare hingga ke 10 pengguna.
Paket Executive (Unlimited 2 Mb/s)
Paket Executive (Unlimited 2 Mb/s)
Dengan kecepatan 2 Mb/s downstream dan 512 kb/s
upstream, serta alokasi kapasitas ke gateway internasional yang lebih besar,
paket ini ditargetkan untuk keperluan bisnis dan perkantoran dengan penggunaan
Internet yang dishare hingga ke 20 pengguna.
Paket Biz (Unlimited 3 Mb/s)
Paket Biz (Unlimited 3 Mb/s)
Dengan kecepatan 3 Mb/s downstream dan 512 kb/s
upstream, serta alokasi kapasitas ke gateway internasional yang lebih besar,
paket ini ditargetkan untuk keperluan bisnis dan perkantoran dengan penggunaan
internet yang dishare hingga lebih dari 30 pengguna.
- Strategi Promotion, meliputi:
- Strategi Promotion, meliputi:
Promosi produk SPEEDY dilakukan melalui media massa
dan media elektronik . Selain itu, banner-banner di tempat-tempat publik juga
dimanfaatkan untuk mengenalkan produk SPEEDY kepada masyarakat. Website dan
Customer call dimanfaatkan untuk membantu calon pelanggan yang ingin
mendapatkan informasi yang lebih detail.
Analisa
Promotion Mix
Menurut Kotler dan Gary A.
(2000). Bauran promosi adalah ramuan khusus dari iklan pribadi, promosi
penjualan dan hubungan masyarakat yang dipergunakan perusahaan untuk mencapai
tujuan iklan dan pemasarannya. Menurut Basu Swastha (1999), Promotional
mix adalah “Kombinasi Strategi yang paling baik dari variabel-variabel
Periklanan, Personal Selling dan alat Promosi lainnya, yang kesemuanya
direncanakan untuk mencapai tujuan program penjualan”. Promotion Mix
terdiri dari:
1. Pengiklanan.
Pengiklanan adalah semua bentuk
presentasi non personal dan promosi ide, barang atau jasa oleh sponsor yang
ditunjuk dcngan mendapat bayaran.
2. Promosi Penjualan.
Promosi penjualan merupakan insentif
jangka pendek untuk mendorong keinginan mencoba atau pembelian produk atau
jasa.
3. Penjualan Perorangan.
Penjualan perorangan merupakan
interaksi langsung antara satu atau lebih calon pembeli dengan tujuan melakukan
penjualan.
4. Hubungan Masyarakat.
Hubungan masyarakat adalah berbagai
program yang dirancang untuk mempromosikan dan/atau melindungi citra perusahaan
atau produk individualnya.
BAB IV
Saran
Strategi Pemasaran
PT TELKOM perlu meningkatkan kualitas produk nya yaitu SPEEDY dengan menambah fitur , aplikasi, agar para pelanggan SPEEDY setia untuk berlangganan. Dan agar SPEEDY dapat lebih berkembang dan mampu bersaing dengan produk sejenis di masa yang akan datang.
Informasi yang didapat dari penelitian ini
dapat digunakan oleh manajemen PT TELKOM untuk menganalisa lebih detil mengenai
strategi bauran pemasarannya, dalam rangka meningkatkan volume penjualan produk
SPEEDY
Speedy terlihat berhasil dalam
mengoptimalkan strategi marketing mix-nya demi memenuhi kepuasaan
pelanggan. Inovasi produk terus dilakukan dengan harga yang disesuaikan
kemampuan pelanggan. Dibalik semua kesuksesan yang telah diraihnya, Speedy
harus selalu memperhatikan kompetitor-kompetitor yang ada. Ke depan, aspek awareness
dan distribusi akan menjadi lebih kompetitif karena faktor kualitas yang
seharusnya bisa menjadi diferensiasi utama akan semakin sulit dibedakan. Hal ini
karena masing-masing layanan internet akan terus melakukan inovasi bahkan
saling tiru-meniru. Hal inilah yang mendasari pentingnya komunikasi pemasaran.
DAFTAR
PUSTAKA
Prof. Dr. Sofjan Assauri, MBA, Manajemen
Pemasaran, PT. RAJAGRAFINDO PERSADA, Jakarta, 2010
http://liawillyarti.wordpress.com/2010/12/17/pengaruh-strategi-product-pricing-placing-dan-promotion-bauran-pemasaran-4p-terhadap-keputusan-membeli-produk-%E2%80%9Caha%E2%80%9D-pt-bakrie-connectivity
; diakses pada tanggal 19 oktober 2014
http://rianrenjo.blogspot.com/2011/10/analisa-pengaruh-bauran-pemasaran-4p.html
; diakses pada tanggal 21 oktober 2014
Tidak ada komentar:
Posting Komentar