BAB I
SEJARAH DAN PROFIL PERUSAHAAN
1. McDonald’s Internasional
Restoran ini didirikan oleh Richard &
Maurice McDonald's pada tahun 1937 di sebelah timur kota Pasadena. Saat itu
McDonald's hanya merupakan restoran Drive In yang pada waktu itu sedang
berkembang pesat trend Drive In. Bangunan restorannya berbentuk persegi delapan, dengan mengekspose
ruangan dapurnya dan tidak memiliki tempat duduk di bagian dalam restorannya.
Kedua bersaudara tersebut kemudian berniat untuk lebih mengembangkan restoran
mereka, yang pada saat itu sudah cukup sukses dan menguntungkan. Fokus
pengembangannya adalah pada kecepatan pelayanan yang diharapkan akan
meningkatkan volume pembelian konsumen. Konsep utama yang diterapkan adalah
kecepatan, harga terjangkau dan volume. Restoran ini juga telah memiliki logo
sendiri yaitu The Golden Arch. Logo ini dirancang oleh George Dexter
yang merupakan seorang perancang neonsign. Logo ini memiliki warna
kuning terang dan berbentuk simple, mudah diingat dan jugasecara tidak langsung
mencerminkan huruf “M” dari McDonald's. Pada saat itu, terjadi persaingan ketat
pada bisnis Drive In dan McDonald's bersaudara ini mengalami kesulitan
dalam berorganisasi dan menggerakkan yang dibutuhkan untuk mengembangkan usaha
mereka. Dan saat itulah mereka bertemudengan seseorang yang bernama Ray Kroc.
Ray Kroc lah yang membantu McDonald's bersaudara untuk mengembangkan usaha
tersebut. Jadi tidak benar jikaselama ini orang menganggap bahwa Ray Kroc lah
yang mendirikan McDonald's untuk pertama kalinya. Restoran McDonald's–nya yang
pertama bukanlah McDonald's yang pertama. Ray Kroc kemudian melakukan pengembangan
restoran melalui konsep fast food.
Pada sekitar tahun 1955 Ray Kroc mulai
menjual waralaba McDonald's dan untuk pertama kalinya perusahaan fast food (siap
saji) di San Bernandino, California menggunakan sistem franchise (waralaba).
Sistem waralaba ini muncul dalam suatubentuk yang mirip dengan yang kita
saksikan sekarang, yaitu sebuah rancanganpermasalahan yang disusun dengan
seksama dan didokumentasikan secara lengkap dengan perjanjian-perjanjian
mendetail antara perusahaan dalam hal ini adalahMcDonald's dengan perusahaan
yang akan berliansi. Jadi selama tahun 1950-an hingga tahun 1960-an,
produk-produk burger McDonald's yang merupakan produk-produk fast food,
didistribusikan dengan cara penjualan langsung. Bisnis waralaba McDonald's ini
mulai menyebar ke berbagai daerah dannegara bagian. Untuk itu Kroc menerapkan
prosedur operasi standar (Standart Observation Checklist) untuk
pembuatan hamburger dengan spesifikasi yang diduga sangat ketat, yaitu lemak
dibawah 19%, berat 1,6 ounce, diameter 3,873 inch, dan onion 0,23
ounce. Selain memperlakukan pewaralaba secara strategis, Kroc juga
memberikan suatu sistem operasi kepada partner-partner barunya. Sistem inilah
yang memberikan kepastian semua produk yang disajikan adalah sama. Untuk itulah
profesionalisme harus diterapkan. Dalam paradigma yang baru setiap operator
danpewaralaba bertindak seperti seorang manajer pabrik yang harus menerapkan
manajemen professional. Maka pada tahun 1961, Kroc meluncurkan programpelatihan
yang kemudian dinamakan sebagai Hamburger University di restoran yang baru
yaitu di Elk Village, Illinois. Di sana para pewaralaba dan operator dididik
dalam cara-cara ilmiah dalam menjalankan restoran yang sukses dan dilatih dalam
aspek-aspek operasi McDonald's berupa mutu, pelayanan, kebersihan dan nilai (Quality,
Service, Cleanliness, and Value). Hingga tahun 1960 Ray Kroc telah membuka
200 restoran di seluruh Amerika Serikat. Dan pada tahun 1961, Ray Kroc telah
membeli saham perusahaan dari McDonald's bersaudara dengan hampir senilai US$ 3.000.000,00.
Perusahaan fast food McDonald's ini terus mengembangkan jaringan
waralabanya di lebih dari 60 negara. Dan saat ini McDonald's Corporation
bersamadengan franchise dan cabang-cabangnya telah berjumlah lebih dari
14.000 restoran. McDonald's melayani lebih dari 22juta orang setiap harinya
atau sekitar 14.000 tamu setiap menitnya. Tidak diragukan lagi kalau hal ini
menjadikan McDonald's sebagai organisasi bergerak di bidang makanan yang
terbesar di dunia.
2. McDonald’s Indonesia
Restoran
McDonald's hadir di Indonesia pada tahun 1991 dan merupakan negara ke 70 dari
McDonald's seluruh dunia. H. Bambang N. Rahcmadi Msc MBAadalah warga negara
Indonesia pertama yang berhasil mendapatkan hak master franchise dari
McDonald's Corporation dengan mengalahkan 13.000 pesaing.
Sampai
sekarang beliau bertindak sebagai Presiden Direktur McDonald's Indonesia.
Sebelum membuka restorannya yang pertama di Sarinah-Jakarta, H. Bambang
Rahcmadi Msc MBA diwajibkan mengikuti training selama 1 tahun di Australia,
Amerika Serikat, Malaysia dan Singapura. Dalam masa training tesebut beliau
melakukan semua pekerjaan di restoran McDonald's dari yang paling sederhana
termasuk membersihkan toilet sampai ke tingkat manajerial, kemudian menerapkan
semuanya di Indonesia. Tepat pada 22 Februari 1991, restoran McDonald's di
Sarinah Thamrin Jakarta beroperasi dengan mempekerjakan 460 crew dan 26
manajer. Perkembangan McDonald's Indonesia dalam 10 tahun ini dinilai sangat
cepat. Sampai saat ini restoran McDonald's Indonesia telah berjumlah 109
restoran dengan jumlah karyawan seluruhnya mencapai sekitar 8000 orang yang
sebagian besar lulusan SLTA.
BAB II
VISI DAN MISI PERUSAHAAN
1.
Visi
Perusahaan
Visi dari McDonald's baik McDonald's
Internasional maupun McDonald's Indonesia adalah to be the world’s best
quick service restaurant experience (Menjadi restoran cepat saji yang
paling berpengalaman , paling cepat melayani dan terbaik di seluruh dunia). McDonald's
menjadi terbaik dalam artian :
a. Untuk McDonald's
Menjadi terbaik berarti menjadikan “The
Golden Arches” dipercaya dan dihargai di seluruh dunia.
b. Untuk Pelanggan
Menjadi terbaik berarti melayani pelanggan
sesuai dengan QSC&V dan pelanggan dapat menikmati produk McDonald's yang
memiliki keunikan tersendiri pada setiap kunjungan mereka di seluruh McDonald's
dan McDonald's dapat membuat pelanggan tersenyum.
c. Untuk Komunitas Di Sekitar McDonald's
Menjadi terbaik berarti membuat mereka bangga
atas keberadaan McDonald's di lingkungan mereka karena McDonald's merupakan
perusahaan yang memiliki tingkat
sosial dan tanggung jawab yang tinggi. Dunia
menjadi tempat yang lebih baik karena keberadaan McDonald's.
d. Untuk Pemilik
Menjadi terbaik berarti memberikan peluang
untuk mencapai kesuksesan dan mengembangkan modal sebagai pemilik dari bisnis
ini dan menjadi rekan kerja yang memiliki kolaborasi kerjasama yang baik.
e. Untuk Karyawan
Menjadi terbaik berarti memberikan peluang,
kompensasi kerja yang baik, pengembangan dan pelatihan kerja, dan pekerjaan
yang berarti bagi seluruh karyawan.
f. Untuk Suppliers
Menjadi terbaik berarti investasi mereka akan
berkembang menjadi bisnis yang profitable bersama McDonald's dan akan menjadi
patner terbaik dalam bisnis ini.
g. Untuk Pemegang Saham
Menjadi terbaik berarti berkembang dengan
keuntungan yang paling baik dan paling besar pada industri ini.
h. Untuk Alliance Partners
Menjadi terbaik berarti bahwa McDonald's
bekerja sama dengan organisasi yang bagus dan dikenal di dunia, seperti Coca
Cola, Disney dan The Olympics dalam rangka menjalin kerjasama, memperluas
kerjasama, dan mempertahankan kepemimpinan McDonald's.
2.
Misi
Perusahaan
Misi dari McDonald's baik McDonald's
Internasional maupun McDonald's Indonesia adalah “Memahami tentang misi kami
dan bagaimana menjadikannya menjadi kenyataan pada restoran McDonald's”.
3.
Tujuan
Perusahaan
Tujuan dari McDonald's baik McDonald's
Internasional maupun McDonald's Indonesia adalah :
a. Suatu sistem yang mampu menyediakan jasa makanan
di dunia dengan lebih dari 50.000 restoran.
b. Brand McDonald's menyentuh siapa saja,
kapan saja, dan di mana saja saat kita melakukan bisnis.
c. McDonald's sebagai tempat bekerja yang
terbaik untuk setiap orang yang ada di seluruh dunia.
d. Restoran dimana setiap pelanggan tersenyum
dan merasa spesial.
e. Makanan yang paling baik di kelasnya
dengan penyajian yang istimewa dan menu makanan yang beragam.
f. Organisasi yang memiliki hubungan kerja
yang baik dan kuat antara pemilik, pemasok barang, dan perusahaan.
g. Brand yang sukses dan memberikan
kontribusi pada pemilik, pemasok barang dan perusahaan.
BAB III
ANALISIS LINGKUNGAN EKSTERNAL
Pengertian Analsiis Lingkungan Eksternal
Analisis
lingkungan eksternal mencakup pemahaman berbagai faktor di luar perusahaan yang
mengarah pada munculnya kesempatan bisnis / bahkan ancaman bagi perusahaan. Di
dalam analisis lingkungan eksternal berupaya memilah permasalahan global yang
dihadapi perusahaan dalam bentuk, fungsi dan keterkaitan antar bagian. Bagi
pengembangan strategic, analisis ini di butuhkan tidak hanya terbatas pada
rincian analisis kesempatan dan ancaman saja tetapi juga untuk menentukan dari
mana dan untuk apa hasil analisis itu di pergunakan.
Pesaing Perusahaan
a. Burger King
Burger King Corporation adalah rangkaian
rumah makan siap saji internasional yang menjual burger, kentang goreng dan
minuman ringan. Selain itu mereka juga mengelola sekitar 200 rumah makan di
Australia dengan nama Hungry Jack's. Sejarah perusahaan Restoran pertama Burger
King dinamai Insta Burger King dan dibuka pada tahun 1954 di Miami,
Florida, Amerika Serikat oleh James McLamore dan David Edgerton, keduanya
adalah alumni dari Cornell University School of Hotel Administration. Di Indonesia,
burger king sempat ditutup pada 1980-an dan dibuka kembali pada April 2007
dengan gerai terbesarnya di Asia Tenggara.
b. KFC
KFC (dulu dikenal dengan nama Kentucky Fried
Chicken) adalah suatu merek dagang waralaba dari Yum! Brands, Inc., yang bermarkas
di Louisville, Kentucky, Amerika Serikat. Didirikan oleh Col. Harland Sanders,
KFC dikenal terutama karena ayam gorengnya, yang biasa disajikan dalam bucket.
Col. Sanders mulai menjual ayam gorengnya di pom bensin miliknya pada tahun
1939 di Corbin, Kentucky yang selanjutnya pindah ke sebuah motel. Ia menutup
usahanya pada akhir 1940-an sewaktu jalan tol Interstate melalui kotanya. Pada
awal 1950-an, ia mulai berkeliling Amerika Serikat dan bertemu dengan Pete
Harman di Salt Lake City, Utah, dan pada tahun 1952 bersama-sama mendirikan
restoran Kentucky Fried Chicken yang pertama di dunia (restoran pertamanya
tidak menggunakan nama tersebut). Sanders menjual seluruh waralaba KFC pada
tahun 1964 senilai 2 juta USD, yang sejak itu telah dijual kembali sebanyak
tiga kali. Pemilik terakhir adalah PepsiCo, yang menggabungkannya ke dalam
divisi perusahaan Tricon Global Restaurants yang sekarang dikenal sebagai Yum!
Brands, Inc. Pada tahun 1997, Tricon terpisah dari PepsiCo. Di Indonesia,
pemegang hak waralaba tunggal KFC adalah PT. Fastfood Indonesia, Tbk yang
didirikan oleh Kelompok Usaha Gelael pada tahun 1978, dan terdaftar sebagai
perusahaan publik sejak tahun 1994. Restoran KFC pertama di Indonesia dibuka
pada bulan Oktober 1979 di Jalan Melawai, Jakarta.
c. Krispy Kreme
Krispy kreme didirikan oleh Vernon Rudolph pada tahun
1937 di Winston-Salem, Amerika. Fast food ini menawarkan makanan termasuk donat
bersama dengan minuman panas dan dingin. Saat ini, memiliki waralaba di klub
negara Termasuk Australia, Inggris, UEA, China, Jepang, Meksiko, Hong Kong dan
klub negara beberapa di Asia Tenggara.
d. Wendy’s
Wendy’s adalah makanan cepat saji yang populer untuk
hamburger, sandwich, menu sarapan salad dan dessert. Perusahaan ini didirikan
pada tahun 1969 oleh Dave Thomas di Ohio. Wendy’s paling terkenal dengan burger
daging sapi dan sandwich klasik. Wendy’s menjadi kompetitor Burger King dan Mc
Donald’s.
e.
Dunkin Donuts
Didirikan pada tahun 1950 oleh William
Rosenberg di Massachusetts, Dunkin Donuts adalah resto yang menyuguhkan donat
dan kopi. Dunkin Donust beroperasi di lebih dari 30 negara. Selain itu resto
ini juga terkenal dengan sandwich, serta berbagai minuman panas dan dingin.
Dunkin Donuts adalah saingan dari Starbucks dan Krispy Kreme.
f. Taco Bell
Taco Bell terkenal dengan Tex-Mex yang meliputi menu
Taco, quesadillas, Nacho, burrito dan sajian lain khas Meksiko. Resto ini
didirikan oleh Downey pada tahun 1962 dan saat ini berkantor pusat di
California. Taco Bell mengkhususkan diri dalam menawarkan item terjangkau untuk
berbagai pelanggan.
g. Subway
Subway adalah waralaba restoran Amerika yang terkenal
dengan submarine sandwich dan salad yang diisi dengan berbagai daging, sayuran,
saus dan topping tambahan. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1965 oleh Fred
DeLuca dan Peter Buck dan sudah beroperasi di lebih dari 100 lokasi di seluruh
dunia.
h. Nandos
Nandos adalah makanan cepat saji di Afrika Selatan dengan
tema Portugis yang beroperasi di lebih dari 30 lokasi internasional. Nandos
didirikan pada tahun 1987 oleh Fernando Duarte dan Robert Brozin di
Johannesburg. Resto tersebut terkenal dengan ayam panggang dan saus pedas.
Selain ayam, Nandos juga menawarkan burger, kentang goreng dan salad. Yang unik
dari restoran ini adalah bahwa Nandos menyediakan semua item dalam tiga rasa –
tidak pedas, panas dan sangat pedas.
BAB IV
ANALISIS LINGKUNGAN INTERNAL
Pengertian Analisis Lingkungan Internal
Analisis lingkungan internal dilakukan untuk
mengetahui tingkat daya saing perusahaan berdasarkan kondisi internal perusahaan.
Faktor internal perusahaan spenuhnya dapat dikendalikan sehingga kelemahan yang
diketahuinya dapat diperbaiki.
Analisa internal menurut Porter yang
dikenal dengan rantai nilai yang memposisikan perusahaan pada matriks strategi
generik dan menemukan keunggulan bersaing perusahaan melalui analisa kompetensi
inti. Rantai nilai ini mensyaratkan bahwa untuk mencapai suatu margin,
perusahaan harus didukung oleh kegiatan utama dan penunjang.
Komponen utama untuk mencapai keunggulan
bersaing adalah kompetensi inti perusahaan yang mengandalkan asset atau skill. Prahalad menggambarkan kompetensi inti sebagai akar
pendukung sebuah pohon, dahannya adalah produk inti dan rantainya adalah
bisnis. Dengan kompetensi inti yang merepresentasikan kesatuan asset dan
teknologi, perusahaan akan mampu membentuk nilai optimal bagi konsumen maupun
perusahaan, memposisikan diri secara khas atas pesaing, kemampuan memperluas
pasar, dan antisipasi proaktif terhadap perusahaan.
Analisis laporan keuangan
Pendapatan
terkait dengan total penjualan pada tahun 2008 mengalami penurunan yang tidak
terlalu signifikan dibandingkan tahun 2007 tetapi dari segi pendapatan di
bidang waralaba mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Hal ini mungkin
disebabkan karena perusahaan memperluas strategi pemasaran dengan memberikan
kekeluasaan di berbagai pihak untuk membeli waralaba perusahaan ini. Seperti
kita tahu bahwa berbagai produk Mc. Donald telah banyak digandrungi oleh
masyarakat dunia dari semua kalangan sehingga tetap menjadi industri yang
mempunyai prospek yang bagus. Secara keseluruhan kondisi Mc Donald meskipun
sudah berada dalam keadaan matang tetapi terus melakukan ekspansi untuk
memperluas pangsa pasar dan meningkatkan penjualan produk. Hal ini dapat
dilihat dari meningkatnya angka aktivitas investasi yang dilakukan dari tahun
ke tahun ,tingkat perputaran modal kerja juga sangat cepat menandakan internal
perusahaan berkembang dan tidak ada dana yang mengangur.Kemudian dari segi
pengendalian internal pun tentunya semakin meningkat di mana perusahaan dapat
menarik investor dengan mudah ,ini dapat di lihat dari meningkatnya uang di
bidang aktivitas pembiayaan. Sementara itu harga saham perusahaan ini juga
mengalami peningkatan menunjukkan bahwa respon pasar sangat positif dan tidak
banyak terpengaruh adanya krisis global karena seperti diketahui produk Mc
Donald merupakan produk pangan yang telah menjadi makanan pokok di berbagai
Negara.
Struktur Organisasi
Struktur organisasi yang digunakan oleh
McDonald's adalah struktur organisasi lini/garis. Dengan menggunakan tipe
organisasi ini, maka perintah dalam perusahaan mengalir dari Store Manager
turun ke 1st Asistant Manager turun ke 2nd Asisstant Manager turun ke Junior
Manager turun ke Trainee Manager turun ke Crew Leader dan lini paling bawah
adalah Crew. Di luar lini tersebut juga terdapat STAR, C/S dan VIP yang
bertanggung jawab penuh pada Store Manager. Store Manager selanjutnya
bertanggung jawab kepada Operation Consultant. Operation Consultant akan
bertanggung jawab kepada Operation Manager dan Operation Manager akan
bertanggung jawab kepada Head Office Jakarta.
ANALISIS SWOT
1Pendekatan Kualitatif Matriks
SWOT
Pendekatan kualitatif matriks SWOT
sebagaimana dikembangkan oleh Kearns menampilkan delapan kotak, yaitu dua
paling atas adalah kotak faktor eksternal (peluang dan tantangan) sedangkan dua
kotak sebelah kiri adalah faktor internal (kekuatan dan kelamahan). Empat kotak
lainnya merupakan kotak isu-isu strategis yang timbul sebagai hasil titik
pertemua antara faktor-faktor internal dan eksternal.
Internal
Eksternal
|
OPPORTUNITY
|
TREATHS
|
STRENGTH
|
ComparativeAdvantage (A)
|
Mobilization (B)
|
WEAKNESS
|
Divestment/Investment (C)
|
Damage Control (D)
|
Matrix SWOT Kearns (dok:
Hisyam,1998)
Keterangan:
·
Sel A: Comparative Advantages :
Sel ini merupakan pertemuan dua elemen kekuatan dan peluang sehingga memberikan
kemungkinan bagi suatu organisasi untuk bisa berkembang lebih cepat.
·
Sel B: Mobilization : Sel ini merupakan interaksi
antara ancaman dan kekuatan. Di sini harus dilakukan upaya mobilisasi sumber
daya yang merupakan kekuatan organisasi untuk Comparative
Advantage Divestment/Investment Damage Control Mobilization
memperlunak ancaman dari luar tersebut, bahkan kemudian merubah ancaman itu
menjadi sebuah peluang.
·
Sel C: Divestment/Investment :
Sel ini merupakan interaksi antara kelemahan organisasi dan peluang dari luar.
Situasi seperti ini memberikan suatu pilihan pada situasi yang kabur. Peluang
yang tersedia sangat meyakinkan namun tidak dapat dimanfaatkan karena kekuatan
yang ada tidak cukup untuk menggarapnya. Pilihan keputusan yang diambil adalah
melepas peluang yang ada untuk dimanfaatkan organisasi lain atau memaksakan
menggarap peluang itu (investasi) . Dengan kata lain, strategi ini diterapkan
berdasarkan pemanfaatan peluang yang ada dengan cara meminimalkan kelemahan
yang ada.
·
Sel D: Damage Control : Sel ini
merupakan kondisi yang paling lemah dari semua sel karena merupakan pertemuan
antara kelemahan organisasi dengan ancaman dari luar, dan karenanya keputusan
yang salah akan membawa bencana yang besar bagi organisasi. Strategi yang harus
diambil adalah Damage Control (mengendalikan kerugian) sehingga tidak
menjadi lebih parah dari yang diperkirakan. Strategi ini didasarkan pada
kegiatan yang bersifat defensif dan berusaha meminimalkan kelemahan yang ada
serta menghindari ancaman.
Berikut analisis pendekatan kualitatif SWOT :
1. Strenght
Strenght yaitu analisis kekuatan, situasi
ataupun kondisi yang merupakan kekuatan dari suatu organisasi atau perusahaan
pada saat ini. setiap perusahaan atau
organisasi perlu menilai kekuatan-kekuatan dan kelemahan di bandingkan dengan
para pesaingnya. Berbagai keunggulan yang dimiliki mc donald :
1.Mc Donald mempunyai a strong
global presence dengan kompetiror domestik terdekat yang hanya berukuran
separuhnya, Mc Donald merupakan pemimpin pasar (market leader) baik secara
domestik, maupun internasional.
2.Keuntungan Mc Donald's berasal
dari pengurangan biaya melalui skala ekonomi, karena ukurannya yang sangat
besar dan keberadaannya secara global memungkinkan untuk menetapkan risiko yang
bervariasi yang melibatkan keadaan ekonomi dari negara tertentu.
3.Outlet perusahaan ditempatkan di
wilayah yang strategis dan mudah dijangkau.
4.Adanya pengakuan atas merk
(brand recognition).
5.Kesuksesan dalam periklanannya,
seperti adanya kata “I'm Loving It” dalam setiap pemasarannya.
6.Adanya Kekuatan kerjasama dengan
perusahaan lain, seperti dengan Coca-Cola.
7.Tempat penjualan yang bersih dan
adanya tempat bermain untuk anak-anak mempunyai daya tarik tersendiri.
8.Adanya pelatihan yang
profesional dengan didirikannya “Hamburger University”
9.Perusahaan yang telah
mengglobal.
10.Aktif dalam kegiatan amal untuk
anak-anak.
11.Menyesuaikan resep dan produk
yang ditawarkan dengan standar kesehatan yang ditetapkan oleh USDA
12.Pendapatan tidak hanya dari
penjualan makanan cepat saji, tapi juga dari investasi properti, franchiser of
restaurant.
13.Adanya sistem delivery order
yang mudah digunakan oleh konsumennya yaitu dengan menelpon 14045.
b. Weakness
Weaknesses yaitu analisi kelemahan, situasi
ataupun kondisi yang merupakan kelemahan dari suatu organisasi atau perusahaan
pada saat ini. Dalam perusahan mc donald memiliki kendala-kendala sebagai
berikut:
1.Harga yang kurang kompetitif,
sehingga dapat mengurangi kemampuan perusahaan untuk meningkatkan pendapatan.
2.Inovasi terhadap produk kurang
memiliki spesifikasi tertentu
3.Management of franchises kurang
memperhatikan integritas klien
4.Teknik pemsaran atau periklanan
yang hanya diutamakan pada anak-anak.
5. MCD
hanya menjual produk-produk yang bersifat junkfood, yang dinilai oleh sebagian
besar masyarakat kurang baik untuk kesehatan.
6. Sebagian
besar produk-produk yang di tawarkan oleh MCD berbahan dasar ayam, dimana
bahwa ayam atau unggas itu adalah hewan yang rawan terkena penyakit yang
membayahakan manusia yang mengkonsumsinya.
7. Adanya product tertentu yg hanya bisa dibeli pada jam
tertentu, misalnya menu sarapan yg hanya bisa dinikmati pada jam 05.00 – 11.00.
8. area parkir yang kurang luas.
9. Namun karena banyaknya competitor, menyebabkan McDonalds
hanya menguasai sedikit pangsa pasar.
c. Opportunities
Opportunity yaitu analisis peluang, situasi
atau kondisi yang merupakan peluang diluar suatu organisasi atau perusahaan dan
memberikan peluang berkembang bagi organisasi dimasa depan. Cara ini adalah
untuk mencari peluang ataupun terobosan yang memungkinkan suatu perusahaan
ataupun organisasi bisa berkembang di masa yang akan depan atau masa yang akan
datang. Berbagi peluang yang dimiliki mc donald :
1.Perusahaan dapat melakukan
penjualan online sehingga memberikan kemudahan bagi pelanggan dan juga menambah
feature-feature dalam pelayanan.
2.Merubah trend kebiasaan makan ke
arah makan yang lebih sehat.
3.Mengembangkan secara terus
menerus pangsa pasar terutama untuk generasi muda dan kelompok yang telah
berumur
4.Melakukan pengawetan dengan
bahan-bahan alami, sebagai bagian dari strategi pemasaran dan periklanan.
5.Menciptakan produk baru.
Meneruskan untuk menggunakan teknologi untuk mempengaruhi strategi pendapatan,
seperti menggunakan pesan singkat untuk mengantarkan pesanan khusus.
6. Service) Membuka Hamburger
University untuk perspektif manajer dan pekerja yang unggul serta meningkatkan
kualitas pekerja secara keseluruhan.
7. (Pricing & Placement)
Beralih ke pemasok lokal sehingga mempunyai biaya transportasi yang rendah, menggunakan
software untuk mengontrol dan memonitor inventory sehingga dapat menurunkan
biaya persediaan, sehingga perusahaan akan mampu dalam memperbaiki atau
meningkatkan keuntungan dengan harga yang rendah.
8.(Service & Management) Lebih
tertarik pada investasi langsung di negara yang baru dan memilih secara cermat
franchiser yang baru/ join verture partnet dan mengevaluasinya secara teratur
dan periodik.
9. Makanan
praktis dan siap saji untuk masyarakat.
10.Adanya
minat masyarakat terhadap makanan siap saji.
11.Penggunaan
teknologi untuk mempengaruhi strategi pendapatan
d. Threat
Threats yaitu analisis ancaman, cara
menganalisis tantangan atau ancaman yang harus dihadapi oleh suatu perusahaan
ataupun organisasi untuk menghadapi berbagai macam faktor lingkungan yang tidak
menguntungkan pada suatu perusahaan atau organisasi yang menyebabkan
kemunduran.Jika tidak segera di atasi, ancaman tersebut akan menjadi penghalang
bagi suatu usaha yang bersangkutan baik di masa sekarang maupun masa yang akan
datang.Berbagi ancaman yang mungkin akan mengancam mc Donald :
1.Adanya fluktuasi terhadap nilai
mata uang asing.
2.Industri makanan cepat saji
merupakan sektor yang sangat kompetitif sehingga persaingan juga semakin ketat.
3.Persamaan strategi dengan
perusahaan
4.Adanya tekanan dari beberapa
pihak mengenai makanan cepat saji dengan masalah obesitas.
5.Bagi konsumen yang sadar akan
gizi, makanan cepat saji merupakan makanan yang kurang sehat.
6.Adanya ancaman dari kompetitor
local di negara yang berbeda-beda.
7.Industri ini berada pada siklus
mature dan merupakan industri yang cepat mengalami kejenuhan.
8.hanya menyimpan waktu pelanggan
yang sangat berharga, namun juga meningkatkan energi pelanggan.
Matrik Internal Faktor Evaluation
( IFE )
no
|
Faktor
|
bobot
|
peringkat
|
Skor bobot
|
|
Kekuatan
|
|
|
|
1
|
Mc Donald merupakan pemimpin
pasar (market leader) baik secara domestik, maupun internasional.
|
0,070
|
4
|
0,28
|
2
|
.Keuntungan Mc Donald's berasal
dari pengurangan biaya melalui skala ekonomi.
|
0,03
|
3
|
0,09
|
3
|
Outlet perusahaan ditempatkan di
wilayah yang strategis dan mudah dijangkau.
|
0,05
|
4
|
0,2
|
4
|
Adanya pengakuan atas merk
(brand recognition)
|
0,03
|
4
|
0,12
|
5
|
Kesuksesan dalam periklanannya.
|
0,03
|
4
|
0,12
|
6
|
Adanya Kekuatan kerjasama dengan
perusahaan lain, seperti dengan Coca-Cola.
|
0,04
|
3
|
0,12
|
7
|
Tempat penjualan yang bersih dan
adanya tempat bermain untuk anak-anak mempunyai daya tarik tersendiri.
|
0,06
|
4
|
0,24
|
8
|
Adanya pelatihan yang
profesional dengan didirikannya “Hamburger University”
|
0,06
|
3
|
0,18
|
9
|
Perusahaan yang telah mengglobal
|
0,08
|
4
|
0,32
|
10
|
Aktif dalam kegiatan amal untuk
anak-anak.
|
0,02
|
3
|
0,06
|
11
|
Menyesuaikan resep dan produk
yang ditawarkan dengan standar kesehatan yang ditetapkan oleh USDA
|
0,04
|
3
|
0,12
|
12
|
Pendapatan tidak hanya dari
penjualan makanan cepat saji, tapi juga dari investasi properti, franchiser
of restaurant.
|
0,01
|
3
|
0,03
|
13
|
Adanya sistem delivery order
yang mudah digunakan oleh konsumennya yaitu dengan menelpon 14045.
|
0,08
|
3
|
0,24
|
|
Kekurangan
|
|
|
|
1
|
Harga yang kurang kompetitif,
sehingga dapat mengurangi kemampuan perusahaan untuk meningkatkan pendapatan.
|
0,02
|
2
|
0,04
|
2
|
Inovasi terhadap produk kurang
memiliki spesifikasi tertentu
|
0,02
|
2
|
0,04
|
3
|
Management of franchises kurang
memperhatikan integritas klien
|
0,07
|
1
|
0,07
|
4
|
Teknik pemsaran atau periklanan
yang hanya diutamakan pada anak-anak
|
0,08
|
1
|
0,08
|
5
|
MCD hanya menjual produk-produk yang
bersifat junkfood, yang dinilai oleh sebagian besar masyarakat kurang
baik untuk kesehatan.
|
0,021
|
1
|
0,021
|
6
|
Sebagian besar produk-produk yang di tawarkan oleh MCD
berbahan dasar ayam, dimana bahwa ayam atau unggas itu adalah hewan
yang rawan terkena penyakit yang membayahakan manusia yang mengkonsumsinya.
|
0,02
|
1
|
0,02
|
7
|
Adanya product tertentu yg hanya bisa dibeli pada jam
tertentu, misalnya menu sarapan yg hanya bisa dinikmati pada jam 05.00 –
11.00
|
0,05
|
1
|
0,05
|
8
|
. area parkir yang kurang luas
|
0,03
|
1
|
0,03
|
9
|
banyaknya competitor,
menyebabkan McDonalds hanya menguasai sedikit pangsa pasar.
|
0,05
|
2
|
0,1
|
TOTAL
|
0,941
|
|
2,571
|
Berdasarkan hasil analisis matriks
IFE pada Tabel Diatas, menunjukkan bahwa faktor yang menjadi kekuatan utama
perusahaan adalah perusahaan yang telah menggloabal, dengan nilai tertimbang
tertinggi sebesar 0,32 sedangkan kelemahan utama adalah Sebagian besar
produk-produk yang di tawarkan oleh MCD berbahan dasar ayam, dimana bahwa
ayam atau unggas itu adalah hewan yang rawan terkena penyakit yang membayahakan
manusia yang mengkonsumsinya 0,02 dan diperoleh total bobot skor sebesar 2,571.
Hal ini menunjukkan bahwa McDonald’s Ring Road memiliki posisi internal
yang kuat karena telah mampu menggunakan kekuatan dan mengatasi kelemahan
dengan cukup baik.
Matrik Eksternal Faktor Evaluation
( EFE )
no
|
Faktor
|
bobot
|
peringkat
|
Skor bobot
|
|
Peluang
|
|
|
|
1
|
.Perusahaan dapat melakukan
penjualan online sehingga memberikan kemudahan bagi pelanggan dan juga
menambah feature-feature dalam pelayanan..
|
0,080
|
4
|
0,32
|
2
|
Merubah trend kebiasaan makan ke
arah makan yang lebih sehat.
|
0,02
|
4
|
0,08
|
3
|
Mengembangkan secara terus
menerus pangsa pasar terutama untuk generasi muda dan kelompok yang telah
berumur.
|
0,05
|
4
|
0,2
|
4
|
.Melakukan pengawetan dengan
bahan-bahan alami, sebagai bagian dari strategi pemasaran dan periklanan.
|
0,07
|
4
|
0,28
|
5
|
Kesuksesan dalam periklanannya.
|
0,09
|
4
|
0,36
|
6
|
Menciptakan produk baru.
Meneruskan untuk menggunakan teknologi untuk mempengaruhi strategi
pendapatan, seperti menggunakan pesan singkat untuk mengantarkan pesanan
khusus.
|
0,04
|
3
|
0,12
|
7
|
Beralih ke pemasok lokal
sehingga mempunyai biaya transportasi yang rendah, menggunakan software untuk
mengontrol dan memonitor inventory sehingga dapat menurunkan biaya
persediaan, sehingga perusahaan akan mampu dalam memperbaiki atau
meningkatkan keuntungan dengan harga yang rendah.
|
0,06
|
4
|
0,24
|
8
|
.Lebih tertarik pada investasi
langsung di negara yang baru dan memilih secara cermat franchiser yang baru/
join verture partnet dan mengevaluasinya secara teratur dan periodik.
|
0,06
|
3
|
0,18
|
9
|
. Makanan
praktis dan siap saji untuk masyarakat
|
0,08
|
3
|
0,32
|
10
|
Adanya minat masyarakat terhadap makanan siap saji
|
0,07
|
3
|
0,21
|
11
|
.Penggunaan
teknologi untuk mempengaruhi strategi pendapatan
|
0,04
|
3
|
0,12
|
|
Ancaman
|
|
|
|
1
|
.Adanya fluktuasi terhadap nilai
mata uang asing.
|
0,02
|
2
|
0,04
|
2
|
Industri makanan cepat saji merupakan
sektor yang sangat kompetitif sehingga persaingan juga semakin ketat.
|
0,03
|
2
|
0,06
|
3
|
Persamaan strategi dengan
perusahaan
|
0,07
|
1
|
0,07
|
4
|
Adanya tekanan dari beberapa
pihak mengenai makanan cepat saji dengan masalah obesitas.
|
0,05
|
1
|
0,05
|
5
|
.Bagi konsumen yang sadar akan
gizi, makanan cepat saji merupakan makanan yang kurang sehat.
|
0,07
|
1
|
0,07
|
6
|
Adanya ancaman dari kompetitor
local di negara yang berbeda-beda.
|
0,02
|
1
|
0,02
|
7
|
.Industri ini berada pada siklus
mature dan merupakan industri yang cepat mengalami kejenuhan.
|
0,05
|
1
|
0,05
|
8
|
. hanya menyimpan waktu pelanggan yang sangat berharga,
namun juga meningkatkan energi pelanggan.
|
0,03
|
1
|
0,03
|
TOTAL
|
1
|
|
2,82
|
Berdasarkan hasil analisis matriks
EFE pada Tabel diatas, menunjukkan bahwa faktor yang menjadi peluang utama
perusahaan adalah Kesuksesan dalam periklanannya., dengan nilai tertimbang
tertinggi sebesar 0,36 sedangkan ancaman utama adalah Adanya ancaman dari
kompetitor local di negara yang berbeda-beda dengan nilai tertimbang terkecil
sebesar 0,02. Berdasarkan hasil perhitungan pada Tabel, maka dapat diperoleh
total bobot skor sebesar 2,82. Hal ini menunjukkan bahwa McDonald’s Ring
Road telah mampu merespon faktor eksternal dengan memanfaatkan peluang
untuk mengatasi ancaman.
BAB VI
ANALISIS IMPLEMENTASI STRATEGI
Analisis implementasi strategi ini terdiri dari beberapa
strategi alternatif antara lain sebagai berikut :
1.
Integrasi Kedepan
Integrasi
kedepan berkaitan dengan usaha untuk memperoleh kepemilikan atau kendali yang
lebih besar atas distributor dan peritel. Satu cara yang efektif untuk
menerapkan integrasi kedepan adalah pewaralabaan.Dan mcdonald juga menerapkan
sistem pewaralabaan yaitu pada
tahun 1961, Kroc meluncurkan program pelatihan yang kemudian dinamakan sebagai
Hamburger University di restoran yang baru yaitu di Elk Village, Illinois. Di
sana para pewaralaba dan operator dididik dalam cara-cara ilmiah dalam
menjalankan restoran yang sukses dan dilatih dalam aspek-aspek operasi
McDonald's berupa mutu, pelayanan, kebersihan dan nilai (Quality, Service,
Cleanliness, and Value). Hingga tahun 1960 Ray Kroc telah membuka 200 restoran
di seluruh Amerika Serikat.
Perusahaan fast food McDonald's ini terus mengembangkan jaringan
waralabanya di lebih dari 60 negara. Dan saat ini McDonald's Corporation
bersamadengan franchise dan cabang-cabangnya telah berjumlah lebih dari 14.000
restoran. McDonald's melayani lebih dari 22juta orang setiap harinya atau sekitar
14.000 tamu setiap menitnya.
2.
Integrasi
kebelakang
Integrasi kebelakang merupakan
upaya kepemilikan atau meningkatkan kontrol atas pemasok
perusahaan.
Disini Mcdonald’smenerapkan integrasi kebelakagnya
dengan cara mengakuisisi produsen gelas kertas.Karena untuk pendamping makanan
perlu minuman, da minuman juga memerlukan gelas, maka dari itulah mc. Donald
mengakuisisi produsen gelas kertas.
3.
Integrasi
horizontal
Integrasi horizontal adalah upaya kepemilikan
atau meningkatkan kontrol atas pesaing. Disini mcdonald dalam menerapkan integrasi
horizontalnya melalui tahapan sebagai berikut,
Saat itu McDonald’s hanya merupakan restoran Drive In yang pada waktu
itu sedang berkembang pesat trend Drive In. Bangunan restorannya berbentuk
persegi delapan, dengan mengekspose ruangan dapurnya dan tidak memiliki tempat
duduk di bagian dalam restorannya. ketika Ray Kroc membeli lisensi waralaba McDonald's dari
Dick dan Mac di Des
Plaines, Illinois, sebagai hari kelahirannya.[3] Kroc kemudian membeli saham dari McDonald's
bersaudara dan memimpin perusahaan ini.
Pada 1 Oktober2008 McDonald's berubah menjadi Tony
Jack's Indonesia tetapi tidak seluruh gerai McDonald's. Terdapat 13 gerai
McDonald’s milik Bambang Rachmadi yang berubah antara lain berlokasi di Sarinah (Thamrin), Melawai Plaza, Blok M Plaza, Arion, Kelapa Gading, Sunter, Bandung Indah
Plaza, Plaza
Surabaya, Bandara
Soekarno-Hatta, ITC Mangga Dua, Citra Land, Gajah Mada Plaza, dan Kebon Jeruk. Tak lama kemudian, pada tahun 2009 Tony Jack's
Indonesia bangkrut dan diambil ahli oleh McDonald's
4.
Penetrasi
pasar
Penetrasi pasar dapat diartikan
cara untuk Meningkatkan pangsa pasar untuk
produk/jasa saat ini di pasar melalui upaya pemasaran yang lebih besar. Disini mcdonald dalam
pemasarannya melakukan penawaran menu yang berbeda-beda di berbagai negara. Di Norwegia terdapat McLaks, yaitu sandwich salmon, di India terdapat Maharaja Macs dengan
daging kambing dan McAloo Tikki burger untuk umat Hindu vegetarian, Pada 22 Mei
2008 McDonald’s mengumumkan bahwa semua produk makanan ayamnya, Fillet-O-Fish,
Hash Browns, dan French Fries yang terkenal disajikan di seluruh restoran
McDonald’s di Amerika sekarang 0 gram trans fat per penyajian.
5. Pengembangan
Pasar
Pengembangan pasar merupakan pproses Memperkenalkan
produk/jasa saat ini kearea geografis yang baru. Dalm proses pengenalannya mcdonald
melakukan berbagai strategi sebagai berikut:Merubah menu di beberapa negara,
menambahkan beberapa makanan dengan rasa lokal dan menghilangkan beberapa
makanan yang tidak populer.
Restoran McDonald’s milik Kroc pertama kali dibuka di Des
Plaines, Illinois, Amerika Serikat pada 15 April 1955. Dalam kurun waktu
sepuluh tahun jumlah gerai restoran McDonald’s bertambah menjadi lebih dari 700
gerai tersebar di seluruh Amerika Serikat. Kemudian tahun 1978 dibukalah
restoran McDonald’s ke-5000 di Kanagawa, Jepang. Tahun 1980 menjadi tahun
perayaan ulang tahun ke-25 McDonalds dan di tahun ini juga dibuka gerai
restoran McDonald’s ke-6000 di Muenchen, Jerman. Tahun 1981 dibukalah restoran
internasional di Spanyol, Denmark, dan Filipina. Di tahun 1983 restoran
McDonald’s sudah ada di 32 negara dan terdapat 7.778 restoran di akhir tahun.
Tanggal 6 April 1988 McDonald’s
membuka restorannya yang ke-10.000 di Dale City, Virginia, Amerika Serikat.
Dilanjutkan dengan dibukanya restoran pertama McDonald’s di Moskow, Rusia
tanggal 31 Januari 1990. Restoran McDonald’s pertama di Indonesia dibuka di
Sarinah, Thamrin, Jakarta pada 23 Februari 1991. . McDonald’s China membuka
restoran yang ke-1000 di Dongguan, Guangdong, China.
6.
Pengembangan produk
Pengembangan produk adalah upaya
untuk Meningkatkan penjualan memlalui perbaikan produk/jasa
saat ini atau mengembangkan produk/jasa baru. Pengembbangan produk mcdonald adalah
sebagai berikut:
Pada 16 Februari 2001 McDonald’s
memperkenalkan Big N’ Tasty. Dilanjutkan dengan Premium Salads tahun 2003.
McDonald’s juga menunjukkan kepeduliannya terhadap lingkungan dengan dibukanya
restoran pertama McDonald’s yang bebas Hydroflurocarbon (HFC) di Velje, Denmark
tahun 2003.
Pada 5 Mei 2009 kopi McCafe
termasuk latte, cappuccino, dan mocha ditambahkan ke menu nasional. Kemudian
diperkenalkan juga burger Angus Third Pounder pada 2 Juli 2009 dengan 3
pilihan: Mushroom & Swiss, Bacon & Cheese, dan the Deluxe. Tahun 2009
juga McDonald’s Corporation Campus Office Building mendapatkan salah satu
penghargaan bergengsi Green Building; LEED-EB Platinum. Tahun ini juga Mac
Snack Wrap ditambahkan ke Snack Wrap. Kemudian tahun 2010 McDonald’s Amerika
memberikan fasilitas bebas Wi-Fi di 11.000 restorannya serta beberapa restoran
di seluruh dunia.
Diversifikasi terkait adalah proses Mengembangkan produk
baru tapi produk lama masih berkaitan dengan produk baru. Disini dalam
pelaksanaannya McDonalds bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan minuman
ternama untuk minuman pendamping produk makanan yang dihasilkan.
8.
Diversifikasi
tidak terkait
Diversifikasi tidak terkait adalah proses Mengembangkan roduk baru, tapi
produk lama tidak berkaitan dengan produk baru.
9.
Penciutan
Penciutan adalah Pengelompokan ulang melalui pengurangan biaya dan aset
untuk membalik penjualan laba yang menurun
10. Divestasi
Divestasi
merupakan Penjualan 1 dvisi atau bagian dari suatau perusahaan.
11. Likuidasi
Penjualan
asaet perusahaan secra terpisah.
BAB
VII
KESIMPULAN
DAN SARAN
Kesimpulan
Dengan semakin canggih dan berkembangnya
pengetahuan dan teknologi masyarakat mulai berfikir cerdas dan menuntut adanya
produk yang tidak hanya menguntungkan dari harga tapi juga dari segi manfaat
ekonomis. McDonald’s sebagai perusahaan yang sudah mapan harus tanggap dalam
memenuhi tuntutan perubahan global baik dari segi competitor maupun keinginan
konsumen.
Saran
Penulis memberikan saran sebagai berikut :
1. Perusahaan mampu berkompetisi dengan harga
yang kompetitif.
2. Terus menerus melakukan inovasi terutama
dengan melakukan penciptaan produk makanan yang sesuai gaya hidup sehat.
3. Total Quality Management harus dilakukan
untuk control kualitas terhadap pelayanan, servis, kebersihan dan cita rasa
dari makanan itu sendiri.
4. Memanfaatkan kemajuan teknologi seperti
internet untuk meningkatkan penjualan dan memberikan kemudahan bagi pelanggan
DAFTAR
PUSTAKA
,. Diakses tanggal 13 Oktober 2015
., Diakses tanggal 13 Oktober 2015
sangat bermanfaat, thankyou
BalasHapusIjin copy ya untuk tugas, terima kasih sebelumnya
BalasHapus“I could not have closed on my first home without Mr, Benjamin Lee ! Benjamin and his team went above and beyond for me on this transaction. He handled my very tight turn around time with ease and was always available for me when I had questions (and I had plenty), even when he was away from the office, which I greatly appreciated! He and his team handled many last-minute scrambles with the seller and worked tirelessly to make sure that I could close before my lease (and my down payment assistance, for that matter) expired. Mr Benjamin is incredibly knowledgeable Loan Officer, courteous, and patient. I went through a couple offers on properties before my final purchase and Benjamin was there to help with each one, often coordinating with my agent behind the scenes. I felt supported throughout the entire process. Thanks to Benjamin and the tireless efforts of his team, I am now a proud home owner! I would encourage you to consider Benjamin Briel Lee for any kind of loan.Mr, Benjamin Lee Contact informaions.via WhatsApp +1-989-394-3740 Email- lfdsloans@outlook.com.
BalasHapusBagaimana MC Donalds menjalakan bisnisnya dan dapat bersaing seca5 global?
BalasHapus